Selasa 03 Apr 2018 12:06 WIB

Malaysia Setuju Jual Daging Wagyu Halal dari Jepang

Daging sapi asal Kobe dianggap sebagai salah satu kelas atas wagyu di Jepang.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Winda Destiana Putri
Daging Wagyu. Ilustrasi
Foto: Straitstime
Daging Wagyu. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Daging sapi Kobe adalah daging wagyu yang berasal dari Kota Kobe di Prefektur Hyogo, Jepang. Daging sapi asal Kobe dianggap sebagai salah satu kelas atas wagyu di Jepang.

Dilansir di The Straits Times pada Senin (2/4), Direktur Komite Promosi Ekspor Wagyu Jepang Tsuyoshi Hishinuma menjelaskan semua daging sapi wagyu Jepang asli, berkualitas tinggi. Hal itu diungkapkan dalam Seminar Daging Sapi Wagyu Jepang yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Acara itu diselenggarakan oleh Dewan Promosi Ekspor Produk Ternak Jepang dan juga dihadiri Menteri Pertanian dan Industri berbasis Agro, Datuk Seri Ahmad Shabery Cheek .Tahun lalu, Malaysia menyetujui impor daging wagyu dari Jepang.

 

Tepatnya setelah dua pabrik pengolahan di sana mendapat audit Departemen Agama Islam (Jakim) untuk kepatuhan halal. Dua perusahaan itu yakni Daging Korporasi Zenkai dari Prefektur Kumamoto dan Daging Sapi Nishiawa dari Prefektur Tokushima.

Artinya, daging wagyu halal dari Jepang tersedia secara komersial di Malaysia. Masyarakat tak perlu datang ke restoran untuk melihat daging premium.

Namun, masyarakat harus jeli memastikan daging yang dibeli adalah wagyu Jepang asli dan bersertifikat halal. Jika tidak ada logo (asal Jepang), maka dagingnya bukan dari Jepang, kata Hishinuma.

Harga wagyu Jepang yang dijual di supermarket cukup mahal. Nilai impor wagyu dapat dihargai dari 2.000 ringgit Malaysia (sekitar Rp 7 juta).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement