Jumat 30 Mar 2018 17:17 WIB

Libur Panjang, Arus Kendaraan ke Sukabumi Alami Peningkatan

Peningkatan juga dipengaruhi penutupan Jalur Puncak akibat longsor.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra
Puncak Darma di kawasan Geopark Ciletuh.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Puncak Darma di kawasan Geopark Ciletuh.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Arus kendaraan yang melintasi jalur utara Kabupaten Sukabumi mengalami peningkatan di momen libur panjang. Hal ini juga dipengaruhi oleh penutupan Jalur Puncak akibat bencana longsor di Puncak Pass, Cianjur.

Pada Jumat (30/3) ada penambahan volume kendaraan yang melalui Sukabumi, ujar Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Galih Bayu Raditya kepada wartawan Jumat siang. Peningkatan jumlah kendaraan ini kata dia teradi akibat libur panjang dan penutupan jalur Puncak.

Di mana terang dia kendaraan yang awalnya akan melalui Puncak kini dialihkan melalui Jalur Sukabumi. Selain di utara Sukabumi yang berbatasan dengan Bogor kata Galih kepadatan kendaran juga terlihat di lokasi wisata. Misalnya jalan yang mengarah ke kawasan Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu.

Kenaikan volume kendaraan ini kata Galih cukup terbantu dengan banyaknya kendaraan berat terutama truk yang tidak beroperasi. Hal ini kata dia sangat berpengaruh pada kelancaran arus lalu lintas karena mengurangi beban jalan.

Menurut Galih, polisi juga mengantisipasi kemacetan lalu lintas dengan melaksanakan kanalisasi pasar-pasar dan titik-titik kepadatan untuk mengurangi hambatan. Petugas juga ditempatkan di sepanjang Jalur Cicurug hingga Cibadak, imbuh dia.

Lokasi yang rawan macet kata Galih khususnya di pasar dan persimpangan seperti Pasar Cicurug, Parungkuda dan Cibadak. Sehingga lanjut dia petugas ditempatkan utuk mengurai titik kemacetan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement