Jumat 30 Mar 2018 14:01 WIB

Libur Panjang, 82 Ribu Kendaraan Lewati Tol Cikarang Utama

Volume kendaraan naik 31 persen di GT Cikarang Utama.

Rep: Fergi nadira/ Red: Dwi Murdaningsih
Sambut Libur Panjang. Sejumlah kendaraan mengantre di kawasan Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (16/2).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sambut Libur Panjang. Sejumlah kendaraan mengantre di kawasan Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (16/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Menyambut libur panjang perayaan Hari Raya Paskah, volume kendaraan yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama meningkat cukup signifikan. Sejak Kamis, (29/3) hingga pukul 05.00 WIB pagi ini, tercatat 82 ribu kendaraan melintasi GT Cikarang Utama.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengtakan, angka ini meningkat 31 persen jika dibandingkan volume lalu lintas harian normal sebanyak 63 ribu kendaraan. Hal ini disebabkan libur Hari Raya Paskah yang jatuh pada tanggal 29 Maret-1 April 2018 atau bertepatan dengan long weekend.

"Bahkan, angka itu melebihi prediksi yang hanya sebanyak 70 ribu kendaraan," ujar Heru dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/3).

Hingga Jumat pagi, lalu lintas di ruas Tol Jakarta Cikampek terpantau padat merayap di beberapa titik seperti KM 33, 37, dan 38. Untuk memercepat penguraian kepadatan, Jasa Marga bersama pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas lawan arah (contraflow) mulai dari km 29 hingga km 44.

"Dari laporan yang diterima, volume kendaraan melintasi GT Cikarang Utama diprediksi sebanyak 57 ribu kendaraan. Sedangkan untuk puncak arus balik liburan panjang Hari Raya Paskah, diprediksi akan jatuh pada Ahad (1/4)," kata dia.

Jasa Marga memprediksi volume lalu lintas di GT Cikarang Utama arah Jakarta akan meningkat sampai 90 ribu kendaraan atau naik sebesar 19,66 persen dari volume lalu lintas normal sebanyak 75.210 kendaraan.

Untuk ruas tol Jagorawi, pada Kamis (29/3) kemarin, juga terjadi peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang melewati GT Bogor sebanyak 32 ribu kendaraan dan itu meningkat 16 persen dari volume lalu lintas harian normal sebanyak 28 ribu kendaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement