Kamis 29 Mar 2018 10:53 WIB

Pemkab Kolaka Sidak Kemasan Kaleng Mengandung Cacing

informasi makanan kaleng jenis sarden yang mengandung cacing menjadi isu nasional.

Sidak makanan sarden kalengan ke pusat perbelanjaan modern (ilustrasi)
Foto: Republika/Rizky Suryarandika
Sidak makanan sarden kalengan ke pusat perbelanjaan modern (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KOLAKA -- Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui dinas kesehatan setempat melakukan inspeksi mendadak di beberapa pasar modern di daerah itu. Tujuannya guna mengantisipasi produk makanan dalam kemasan kaleng yang mengandung cacing.

Kepala Dinas kesehatan Kolaka Harun Massiri, Kamis (29/3) mengatakan, informasi produk makanan kaleng siap saji jenis sarden yang mengandung cacing yang menjadi isu nasional. Sehingga pihaknya melakukan sidak di beberapa pusat perbelanjaan. "Kami sudah instruksikan kepada staf untuk segera melakukan pemeriksaan di lapangan dan kalau ditemukan sesuai dengan merk yang beredar maka akan disita," katanya.

Harun mengimbau kepada semua masyarakat konsumen agar mengetahui tanggal kadaluarsa makanan dalam kemasan itu selain merugikan juga akan berdampak pada kesehatan. Dalam membeli produk makanan kaleng siap saji lanjut dia konsumen harus melihat kondisi fisik produk yang beredar di pasaran sehingga tidak merugikan diri sendiri.

Hasil sidak yang dilakukan dinas kesehatan di beberapa pasar modern di Kolaka tidak menemukan jenis makanan siap saji khususnya ikan kaleng yang mengandung cacing. "Dalam sidak ini kami tidak menemukan makanan siap saji yang mengandung cacing di beberapa pusat perbelanjaan," kata James Paganan kepala seksi farmasi alkes dan PKRT dinas kesehatan Kolaka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement