Kamis 29 Mar 2018 02:25 WIB

Longsor di Bahu Jalan Puncak Pas Cianjur

Polisi kini memberlakukan penutupan satu lajur jalan untuk mengurangi getaran.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Jalur Puncak Pass Cianjur, Kecamatan Cipanas mengalami longsor, Rabu (28/4). Polisi kini melakukan penutupan jalan.
Foto: Humas Polres Bogor
Jalur Puncak Pass Cianjur, Kecamatan Cipanas mengalami longsor, Rabu (28/4). Polisi kini melakukan penutupan jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Bencana longsor terjadi di kawasan Puncak Pas, Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur, Rabu (28/3) malam. Di mana bahu jalan di jalur Puncak Pas Cianjur longsor sepanjang 150 meter.

Informasi yang diperoleh dari Polres Cianjur menyebutkan, longsor terjadi pada Rabu malam sekitar pukul 20.45 WIB. Kapolres Cianjur AKBP Soliyah mengatakan, lokasi longsor berada di Puncak Pass Cianjur Kecamatan Cipanas.

"Panjang longsor lebih kurang 150 meter dengan kedalaman 40 meter," ujar Soliyah kepada wartawan. Dari laporan di lapangan masih ada pergerakan tanah ketika ada pergerakan kendaraan yang melintas baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

Menurut Soliyah, dari hasil pengecekan petugas kepolisian dan dinas pekerjaan umum (PU) menyebutkan ada tiga bangunan RM Puncak Pass yang ikut rusak. Ia menerangkan saat ini petugas melakukan sejumlah langkah penanganan di lokasi kejadian.

Di antaranya melakukan penutupan akses untuk kendaraan roda empat di Pos Jabar 9 dan untuk sepeda motor masih bisa dilalui. Upaya penutupan jalan satu lajur untuk mengurangi getaran jalan.

Selain itu melakukan koordinasi dengan Polres Bogor untuk melakukan penutupan arus untuk roda empat di Gunung Mas wilayah Bogor. Arus kendaraan untuk sementara dialihkan ke jalur Sukabumi atau Jonggol.

Salah seorang warga Puncak, Mety (42 tahun) mengatakan, pada saat sebelum longsor terjadi warga mendengar suara yang cukup keras di sekitar lokasi. "Setelah dicek ternyata penyangga bahu jalan longsor," terang dia. Tak ada korban jiwa dalam insiden longsor tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement