Ahad 25 Mar 2018 17:03 WIB

Ganjar Berharap Pilgub Jateng Bermartabat

Menurut Ganjar pesta demokrasi harus menyenangkan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda
Ganjar Pranowo
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Ganjar Pranowo

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Calon gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berharap pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng yang akan dilaksanakan Juni 2018, menjadi pilgub bermartabat. Pilgub menurutnya, harus menjadi pesta demokrasi yang menyenangkan dan pesta demokrasi yang baik.

"Jangan sampai ada benturan,'' jelas cagub petahana tersebut, dalam kampanye terbuka di Lapangan Desa Patikraja Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas, Ahad (25/3) sore.

Kepada wartawan dia menambahkan, dalam berbagai kesempatan bertemu dengan masyarakat, selalu mengingatkan pendukungnya agar selalu menjaga sopan satun, serta menjaga persatuan dan kesatuan. ''Kepada masyarakat, saya minta agar para pendukung memberi narasi positif pada masyarakat. Dengan demikian, siapa pun calon yang menang atau tidak menang nantinya, masyarakat tetap bisa bergandengan tangan. Ini yang penting,'' jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menyampaikan bahwa wilayah eks Kabupaten Banyumas merupakan wilayah yang penting bagi pencalonannya. Hal ini mengingat dalam pilgub 2013 silam, wilayah Banyumas menjadi wilayah penyumbang suara terbesar bagi kemenangan dirinya saat mencalonkan diri bersama Heru Sudjatmoko.

''Kabupaten Banyumas, pada tahun 2013 memang merupakan ceruk suara bagi kemenangan kami,'' jelasnya. Melihat sambutan masyarakat Banyumas yang ada sekarang, Ganjar optimistis hal itu akan terulang lagi dalam pilgub mendatang.

Mengenai aspirasi masyarakat yang dia terima selama masa kampanye, dia mengaku masalah pembenahan infrastruktur masih dominan disampaikan masyarakat. Meski pun banyak kalangan masyarakat yang belum mengerti, pada siapa aspirasi itu seharusnya disampaikan.

Misalnya, kata Ganjar, selama berkeliling ke berbagai daerah banyak menerima aspirasi yang menginginkan agar jalan desa diperbaiki. Padahal, jalan desa seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah desa dalam melakukan perbaikan.

''Karena itu, ke depan perlu ada pendidikan politik mengenai masalah kewenangan pengelolaan infrastruktur. Dengan demikian, masyarakat bisa menyampakian aspirasi pada alamat yang tepat, atau bisa mengerti kemana seharusnya melakukan komplain,'' tegasnya.

Dalam acara tersebut, Ganjar yang hadir dengan didampingi pimpinan partai pendukung di Kabupaten Banyumas, juga menyaksikan Deklarasi Relawan Ganjar-Yasin Banyumas. Pembacaan deklarasi yang berisi janji kemenangan bagi pasangan tersebut, dibacakan ketua tim pemenangan pasangan Ganjar-Yasin Bambang Bharata Aji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement