Ahad 25 Mar 2018 01:46 WIB

PKS: Koalisi 4 Parpol Cermin Aspirasi Masyarakat Indonesia

Selama untuk tujuan kebaikan, bukan hanya Habib Rizieq yang menginginkan hal itu.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Endro Yuwanto
 Ketua Front Pembela Islam (FPI)  Habib Rizieq Shihab
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Departemen Politik DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian mengatakan, wacana koalisi empat parpol merupakan bentuk aspirasi masyarakat Indonesia. Masyarakat menginginkan perubahan lewat Pilpres 2019.

Menurut Pipin, wacana koalisi antara Partai Gerindra, PKS, PAN, dan PBB itu tidak hanya keinginan Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab saja. Selama untuk tujuan kebaikan, bukan hanya Habib Rizieq yang menginginkan hal itu.

"Umat Islam menginginkan, ormas Islam juga menginginkan adanya koalisi itu. Salah satu tagline kami yakni '2019 Ganti Presiden', dan itu merupakan ikhtiar kami," ujar Pipin kepada wartawan saat ditemui usai mengisi diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (24/3).

Selain hal itu, lanjut Pipin, ada dua alasan lain yang mendasari wacana koalisi empat parpol untuk Pilpres 2019. Pertama, yakni menimbang hasil survei di mana hanya 44 persen responden yang konsisten memilih Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres untuk periode selanjutnya. "Sisanya (pilihan) lalu ke mana? Kalau memang publik ingin lagi Pak Jokowi kan harusnya pemilih di atas 50 persen," ungkap dia.

Alasan kedua, kata Pipin, yakni adanya harapan masyarakat terkait perubahan ekonomi dan sosial. Pipin menyebutkan, dari sisi ekonomi, kondisi Indonesia belum sepenuhnya baik. "Harga bahan pokok meningkat, listrik juga meningkat, kemudian lapangan pekerjaan terbatas. Jadi (perubahan) itu adalah aspirasi publik dan aspirasi masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra diimbau membangun koalisi bersama PKS, PAN, dan PBB pada Pemilu 2019. Jika koalisi keempat partai tersebut terjadi, Ketua Umum FPI Habib Rizieq Shihab akan mengajak seluruh umat Islam Indonesia dan keluarga besar Alumni 212 untuk mendukung koalisi tersebut.

Imbauan itu disampaikan Habib Rizieq saat Wasekjen Partai Gerindra Andre Rosiade mengunjunginya di Makkah, Rabu (21/3) malam waktu setempat. "Tadi malam sekitar pukul 21.30 waktu Makkah, saya bertemu Habib Rizieq di rumah beliau. Dalam pertemuan malam tadi, Habib Rizieq memberikan imbauan agar Gerindra, PKS, PAN, dan PBB bisa berkoalisi di Pilpres 2019," kata Andre ketika dikonfirmasi dari Jakarta, Kamis (22/3).

Menurut Andre, Rizieq sangat mendukung pembentukan koalisi empat parpol tersebut karena bila koalisi tercipta, Rizieq akan menyerukan kepada umat Islam untuk memberi dukungan penuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement