Kamis 22 Mar 2018 00:45 WIB

Paloh: Target Nasdem Menangkan Jokowi, Raih 100 Kursi

Paloh membidik posisi tiga besar dalam pemilihan legislatif mendatang.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Reiny Dwinanda
Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo secara resmi mendeklarasikan diri bergabung masuk ke Partai Nasdem. Itu disampaikan Syahrul saat Konsolidasi Partai Nasdem Sulawesi Utara yang dihadiri oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kota Manado, Sulawesi Utara, Rabu (21/3).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo secara resmi mendeklarasikan diri bergabung masuk ke Partai Nasdem. Itu disampaikan Syahrul saat Konsolidasi Partai Nasdem Sulawesi Utara yang dihadiri oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kota Manado, Sulawesi Utara, Rabu (21/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan partainya memasang target tinggi menyongsong pesta demokrasi mendatang. Paloh menargetkan Partai Nasdem masuk tiga besar dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) mendatang.

Selain itu, Paloh juga menargetkan kemenangan Joko Widodo sebagai calon presiden yang didukung Nasdem dalam Pilpres 2019. "Pada Pilpres dan Pileg yang akan datang memang targetnya adalah memenangkan Jokowi sekaligus Partai Nasdem dalam posisi tiga besar," ujarnya saat memimpin konsolidasi ribuan kader Partai Nasdem Sulawesi Utara di Auditorium Sutan Raja, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (21/3).

Paloh menjelaskan tiga besar yang dimaksud ialah merebut perolehan suara sah nasional di atas 18 juta suara. Lantas, Nasdem juga membidik sedikitnya 100 kursi anggota DPR.

Jumlah ini penting untuk meningkatkan suara maupun kursi yang dimiliki Nasdem. Saat ini Nasdem berada di posisi 7 persen di nasional dan 38 kursi di DPR. Di DPRD tingkat satu maupun tingkat dua, kurang lebih 1300 anggota Nasdem.

"Perolehan suara nasionalnya di atas 18 juta dan kursinya harus tercapai sedikit dikitnya 100 kursi di DPR. Itu targetnya," kata dia.

Paloh juga menyerukan kepada kader Partai Nasdem di Sulawesi Utara untuk mendapatkan kursi legislatif di DPR. Ia meminta kesungguhan dan kerja sama para kader Nasdem untuk mencapai target tersebut. Terlebih, waktu yang tersisa kurang dari 19 bulan menuju 2019.

"Kita sadari sebagai partai baru, tidak mungkin kita bekerja sama seperti apa yang dilakukan oleh partai lain. Kalau tidak ada extra ordinary work yang dilakukan dengan spirit, semangat, motivasi dan keyakinan, dan strategi yang tepat, saya pikir sukar untuk mencapai target yang begitu tinggi," ujar Paloh.

Sementara itu, target untuk Pilkada serentak 27 Juni mendatang tidak berbeda jauh dari Pilkada 2015 maupun Pilkada 2017. Kala itu, Nasdem berada di posisi nomor dua.

"Kami harapkan Pilkada ketiga bagi Nasdem ini tidak terlalu jauh berbeda dengan apa yang telah dicapai pada Pilkada putaran pertama dan kedua secata nasional," kata Paloh.

Konsolidasi Surya Paloh di Sutan Raja Manado, Sulawesi Utara, itu merupakan rangkaian safari politik tahap kedua Partai Nasdem menjelang Pilkada serentak dan persiapan menuju Pemilu 2019.

Dalam safari politik tahap kedua yang berlangsung sepekan tersebut, beberapa wilayah yang akan dikunjungi Surya antara lain, Talaud Kota Manado, Minahasa, Bolang Mongondow, Bitung, Mamuju, Kendari, dan Gorontalo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement