Ahad 18 Mar 2018 07:09 WIB

Masyarakat Asmat Deklarasi Komitmen Setop BAB Sembarangan

Deklarasi ini bagian dari program Sanitasi Total Berbasis Mandiri.

Kehidupan masyarakat Papua di Kampung Asmat, Distrik Mimika Timur, Timika, Papua.
Foto: Antara/Spedy Paereng
Kehidupan masyarakat Papua di Kampung Asmat, Distrik Mimika Timur, Timika, Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat Kampung Ayam Distrik Akat Kabupaten Asmat Papua mendeklarasikan komitmen Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) demi berperilaku hidup bersih dan sehat. Dalam siaran pers dari laman Kementerian Kesehatan, Sabtu (16/3), saat ini seluruh warga Kampung Ayam sebanyak 589 orang sudah tidak ada lagi yang BAB sembarangan dari sebelumnya hanya 138 orang menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Salah satu petugas kesehatan Flying Health Care Kemenkes gelombang IV Eza Yulia Pearlovie mengatakan deklarasi tersebut merupakan deklarasi pertama di Asmat terkait Sanitasi Total Berbasis Mandiri (STBM). Dia mengatakan, berubahnya perilaku masyarakat tidak lepas dari dorongan kepala Kampung Bruno Amanko yang menjadi ketua dalam program STBM.

Sekretaris Daerah Kabupaten Asmat Bartholomeus Bokoropces memberikan penghargaan kepada warga Kampung Ayam berupa fasilitas sanitasi atas perubahan perilaku yang diterapkan. Eza mengatakan, program tersebut berhasil karena melakukan pendekatan kepada pimpinan masyarakat setempat, seperti kepala kampung, tokoh agama, tokoh adat, dan bekerja sama dengan Babinsa.

Selain itu, Eza pun berpesan kepada warga agar tidak lagi BABS seperti saat deklarasi. "Harus bisa menjadikan Kampung Ayam sebagai kampung percontohan dunia di saat ada keterpurukan KLB," kata Eza.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement