Sabtu 17 Mar 2018 10:58 WIB

Presiden Berharap Nyepi Membawa Kedamaian untuk Bangsa

Jokowi mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 untuk umat Hindu.

Joko Widodo
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo berharap Hari Raya Nyepi dengan keheningannya mampu membawa harmoni dan kedamaian untuk seluruh bangsa Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan Hari Raya Nyepi melalui akun twitter resminya @jokowi yang dipantau dari Jakarta, Sabtu (17/3).

"Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 untuk saudaraku umat Hindu. Semoga keheningan Nyepi membawa harmoni dan kedamaian untuk kita semua -Jkw," cuitnya.

Ucapan tersebut disampaikan pada 16 Maret 2018 sekitar pukul 17.23 WIB. Cuitan Presiden itu telah mendapatkan respon 3.600 retweets dan telah disukai atau like oleh lebih dari 7.600 akun.

photo
Sejumlah warga mengarak Ogoh-Ogoh saat Festival Ogoh-Ogoh 2018 jelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1940 di kawasan Kuta, Badung, Bali, Jumat (16/3). Festival yang diikuti ratusan warga dan disaksikan ribuan wisatawan tersebut guna menetralisir unsur negatif agar perayaan Nyepi dapat dilaksanakan dengan damai. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Ucapan Presiden mendapatkan berbagai respons di antaranya dari akun Made Suartika yang menjawab: "Matur sembah nuwun Bapak Jokowi." Selain itu, ada pula yang menyampaikan harapan, keluhan, bahkan rasa kekesalannya kepada Presiden Jokowi.

Beberapa di antaranya mengirimkan foto-foto perayaan Nyepi di daerahnya. Akun Lili Salim yang mengenakan hijab dalam akunnya merespons ucapan Presiden Jokowi: "Alhamdulilah semoga umat Hindu di Indonesia mendapat kedamaian, selamat hari raya Nyepi... saudaraku," tulisnya.

photo
Arak-arakan ogoh-ogoh di Jembatan Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/3). Pawai ogoh-ogoh tersebut merupakan tradisi masyarakat Hindu untuk menyucikan lingkungan dari roh jahat sehari sebelumi hari raya suci Nyepi. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Presiden saat ini sedang berada di Australia untuk melakukan sejumlah agenda termasuk menghadiri KTT Istimewa ASEAN-Australia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement