Senin 12 Mar 2018 19:05 WIB

Cegah Konflik, JK Serukan Terciptanya Keadilan

Wapres JK mengatakan, keadilan merupakan kunci utama untuk melahirkan perdamaian.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Bayu Hermawan
Wapres Jusuf Kalla
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Wapres Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta setiap pemimpin dari pusat hingga daerah untuk mewujudkan keadilan di masyarakat. Menurutnya, keadilan menjadi kunci utama untuk melahirkan kedamaian.

Sebab kata dia, konflik yang muncul kebanyakan terjadi dilatarbelakangi karena ketidak adilan baik dalam keadilan politik, keadilan sosial, maupun keadilan ekonomi.

"Sejak merdeka, kita pernah mengalami lima belas kali konflik yang besar. Sepuluh diantaranya disebabkan ketidakadilan," kata JK dalam orasinya di acara Dies Natalis ke-42 Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Senin (12/3).

 

Ia bersyukur konflik-konflik yang terjadi di Indonesia dapat teratasi. Berbanding terbalik dengan sejumlah negara di Timur Tengah yang terus mengalami mengalami konflik.

"Karenanya pimpinan-pimpinan dari pusat hingga lokal, tokoh-tokoh agama dan kita semua harus mengerjakannya menciptakan keadilan," katanya.

Dalam kesempatan itu, JK juga memperoleh penghargaan Parasamya Anugraha Dharma Krida Baraya dari UNS. Gelar kehormatan itu diberikan karena Ia dinilai berperan penting khususnya dalam bidang sosial kemanusiaan. JK dinilai sebagai tokoh yang terus mengupayakan hadirnya kedamaian dan kerukunan umat beragama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement