Ahad 11 Mar 2018 03:01 WIB

PMI Siap Salurkan 72 Kantong Darah di Pekanbaru

Kebutuhan darah di Kota Pekanbaru mencapai 4.000-5.000 kantong per bulan.

Donor darah (ilustrasi)
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Donor darah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Relawan Donor Darah Raudatul Jannah menggelar kegiatan donor darah masal di lantai dua mesjid Raudhatul Jannah Pekanbaru, Sabtu (10/3) Donor darah menghasilka 72 kantong darah yang berhasil didonasikan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

"Hari ini tim berhasil mengumpulkan 72 kantong darah, yang kemudian akan didistribusikan oleh pihak PMI Pekanbaru ke masyarakat," ungkap Fitri, Ketua koordinator acara donor darah disela-sela kegiatan tersebut.

Pada kegiatan donor darah kali ditargetkan 200 kantong darah, tetapi calon pendonor yang mendaftar sekitar 155 orang. Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan bulanan yang diadakan relawan mesjid Raudhatul jannah berkerja sama dengan PMI Riau. Pada bulan lalu, tim relawan mengumpulkan 157 kantong darah.

Menurut Dokter Dina, koordinator dari PMI Pekanbaru, kegiatan seperti ini sebaiknya dilakukan setiap bulan. Mengingat kebutuhan darah di Kota Pekanbaru mencapai 4.000-5.000 kantong per bulan.

Dokter dina juga menambahkan, sebaiknya relawan mempersiapkan diri sebelum donor dengan memakan makanan yang kaya dengan zat besi dan protein, seperti daging, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran. Selain itu berolahraga dan istirahat dengan cukup juga menentukan kualitas darah.

"Pendonor perempuan biasanya cenderung mengalami hemoglobin rendah, untuk itu kami menyarankan mengkonsumsi bayam merah, buah bit, atau terung belanda," ungkap dokter Dina.

Fitri dan Dina berharap masyarakat Pekanbaru dapat berpartispasi dalam kegiatan donor darah selanjutnya.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement