Jumat 09 Mar 2018 23:30 WIB

Penanganan Jantung Indonesia Disebut Setara Luar Negeri

Itu diungkapkan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Jantung Harapan Kita.

Terapi pengobatan penyakit jantung
Foto: Youtube
Terapi pengobatan penyakit jantung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penanganan penyakit jantung di Indonesia sudah setara dengan di luar negeri dari aspek keandalan sumber daya manusia dan peralatannya. Hal itu diungkapkan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

"Semua (penanganan) yang dicari di luar negeri, di RS Harapan Kita ada," kata dr Dicky Armein Hanafy, SpJP (K), FIHA, di Jakarta, Jumat (9/3).

Ia mengatakan, penanganan kebocoran katup jantung dengan metode terbaru sudah bisa dilakukan di beberapa rumah sakit di Indonesia. 

Dicky menerangkan memang ada tindakan lain yang bisa dilakukan untuk penanganan kebocoran katup jantung selain pembedahan. Namun dia menegaskan tindakan tersebut juga sudah bisa dilakukan di Indonesia.

Spesialis jantung dan pembuluh darah dr Siska Danny SpJP membenarkan pernyataan tersebut.  Ia menjelaskan, kebocoran katup jantung yang berat bisa ditangani dengan pilihan utama operasi katup yaitu berupa perbaikan katup atau penggantian katup.

"Dalam beberapa tahun terakhir dikembangkan prosedur perbaikan katup (valve repair) secara transkateter tanpa pembedahan. Di Indonesia juga sudah mulai dilakukan di beberapa rumah sakit," kata Siska.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement