Kamis 01 Mar 2018 23:14 WIB

Pemprov akan Latih Pedagang Pasar Hadapi Kebakaran

Wagub Sandiaga Uno mengatakan pelatihan untuk mencegah kecelakaan kerja.

Rep: Sri Handayani/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno
Foto: Republika/Sri Handayani
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan pelatihan keselamatan kerja bagi para pedagang di pasar. Hal ini dilakukan menyusul banyaknya kecelakaan kerja di pasar, terutama diakibatkan oleh kebakaran.

"Ini adalah yang memastikan keselamatan kerja di kawasan pasar. Seperti kita ketahui akhir-akhir ini banyak sekali musibah yang mengganggu keselamatan kerja di wilayah ibu kota, banyak sekali kecelakaan," kata Sandiaga di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (1/3).

Sandiaga melaporkan, jumlah kecelakaan kerja pada 2017 naik 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dinilai sebagai pengingat untuk menurunkan tren tersebut.

"Dan kita ingin memberikan juga perlindungan kepada pekerja," katanya.

Pelatihan akan dilakukan di 153 pasar di seluruh Jakarta yang beroperasi di bawah PD Pasar Jaya. Sandiaga berpendapat, seharusnya para pedagang mendapatkan pelatihan pemadaman kebakaran (fire drill), keselamatan kerja listrik, dan sebagainya.

"Menurunkan barang juga jangan sampai kecelakaan tulang maupun otot maupun kecelakaan-kecelakaan yang berkaitan dengan aktivitas mereka tiap hari yang ada di pasar," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement