Kamis 01 Mar 2018 21:46 WIB

Kodam XVI/Pattimura Gelar Donor Darah

Kegiatan donor darah itu digelar untuk memperingati HUT Persit ke-72.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Karta Raharja Ucu
Kodam XVI/Pattimura gelar donor darah.
Foto: Dokumentasi Kodam Pattimura
Kodam XVI/Pattimura gelar donor darah.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Kodam XVI/Pattimura menggelar kegiatan donor darah di Rumah Sakit Tentara (RST) TK II Prof Dr.J.A Latumeten. Kegiatan yang diikuti ibu-ibu Persit, Dharma Pertiwi TNI-Polri, serta masyarakat itu digelar dalam rangka HUT Persatuan Istri Prajurit (Persit) ke-72 yang jatuh pada 3 April mendatang.

Sambutan Pangdam yang dibacakan Kakesdam XVI/Pattimura, Setia Budhi, mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian sosial Persit Kartika Chandra Kirana terhadap sesama tanpa melihat suku agama ras dan golongan. "Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak yang terpusat di Rumah Sakit Tentara (RST) Ambon dan tersebar sampai tingkat Kodim. Kegiatan seperti ini sudah sering kali dilaksanakan oleh Persit Kartika Chandra Kirana untuk meringankan beban masyarakat dalam mengatasi keterbatasan persediaan darah," ujar Kakesdam XVI/Pattimura dr. Setia Budhi dalam keterangan tertulis yang didapat Republika, Kamis (1/3).

Donor darah, kata dia, merupakan perbuatan yang sangat mulia yang menuntut adanya keputusan keikhlasan baik dari penyumbang darah maupun dari penerima darah. "Dengan menyumbangkan darah kita akan memperoleh manfaat baik untuk diri kita. Salah satu manfaat yaitu dengan terbentuknya sel-sel darah yang baru bagi yang mendonorkan maupun untuk orang yang memerlukannya," ucap dia.

Pangdam XVI/Pattimura secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodam XVI/Pattimura beserta pengurus dan anggota, atas segala kesungguhannya dalam mempersiapkan acara tersebut, sehingga dapat terselenggara dengan baik dan sesuai dengan rencana yang diharapkan. "Dalam keadaan tertentu setetes darah pun insya Allah akan sangat membantu bagi kelangsungan hidup seseorang mudah-mudahan apa yang kita berikan hari ini akan dapat membantu meringankan beban warga masyarakat Ambon dan sekitarnya khususnya dalam mencukupi kebutuhan darah," ujar Pangdam.

Pada kesempatan yang sama Ketua Persit Candra Kirana Kodam XVI/Pattimura, Ngesti Suko Pranoto juga memberikan sambutannya. Ia mengatakan kegiatan bakti sosial ini adalah merupakan wujud partisipasi peran aktif Persit Kartika Candra Kirana, karena dalam melaksanakan program kerja bidang sosial. Sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat yg membutuhkan pertolongan.

Kegiatan donor darah ini diakui sudah sering dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyrakat. Sebagai keluarga besar TNI pihaknya turut merasakan kesulitan yg dihadapi oleh anggota TNI, keluarga dan masyarakat.

Bakti sosial donor darah ini juga betujuan untuk memberikan dampak positif terhadap soliditas TNI dan keluarga besarnya serta masyarakat dalam memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan. "Kami Berharap agar kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan pada kegiatan seremonial tertentu saja tetapi perlu untuk terus ditumbuh kembangkan dan dibudayakan serta dilaksanakan setiap saat baik itu dilakukan secara bersama sama maupun perorangan," ujar Ngesti. // Zahrotul Oktaviani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement