Rabu 28 Feb 2018 20:37 WIB

Komisioner KPU Garut Tersangka Suap Ajukan Praperadilan

Kondisi psikologis Ade masih shock.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Hafil
Mobil Daihatsu Sigra milik AS (50) komisioner KPU Garut yang diduga hasil suap disita polisi.
Foto: Republika/Djoko Suceno
Mobil Daihatsu Sigra milik AS (50) komisioner KPU Garut yang diduga hasil suap disita polisi.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Komisioner KPU Garut Ade Sudrajat tidak tinggal diam atas kasus suap yang disangkakan padanya. Melalui kuasa hukumnya, Sandi Prisma Putra dan Djohan Djauhari, Ade akan mengajukan praperadilan.

Diketahui, Ade diamankan Polda Jabar pada Sabtu (24/2) bersama Ketua Panwaslu Garut Heri Hasan Basri dan tim sukses pasangan Soni Sundani-Usep Nurdin, Didin Wahyudin. Ade disebut memperoleh suap sebesar 100 juta rupiah dan satu mobil Daihatsu Sigra.

"Kami sedang menunggu kelanjutan proses penyidikan. Apakah ada kesempatan praperadilan atau esepsi. Saat di BAP (berita acara pemeriksaan) sebagai tersangka, (Ade) didampingi penasihat hukum atau tidak," kata Sandi pada wartawan, Rabu (28/2).

Ia menyebut pada Selasa (27/2) lalu, pihaknya sudah mengajukan penangguhan penahanan. Ia menilai rencana praperadilan tempuh lantaran terdapat beberapa kejanggalan.

"Pertama tidak ada pemanggilan kepada klien kami sebelum ditangkap. Polda menyebut dalam surat penangkapan, kasus ini bermula dari temuan penyidik," ujarnya.

Sampai saat ini, ia mengaku belum banyak memperoleh keterangan dari Ade. Sebab, kondisi psikologis Ade masih shock atas penangkapan itu. Apalagi, Ade menyebut pada dirinya bahwa penangkapan terjadi saat makan bersama istri dan anaknya.

"Klien kami sedang bersama keluarganya di salah satu restoran. Tiba-tiba didatangi penyidik dan diminta ikut ke Polda. Beliau juga sempat minta ke penyidik diberikan kesempatan mengantar istri dan anak ke rumah," ucapnya.

Dari keterangan Ade, ia menyampaikan kalau perkenalan dengan Didin sudah terjalin sebelumnya. Ia memastikan kliennya tidak menerima uang sogokan sebesar 100 juta. Di sisi lain, ia enggan berkomentar tentang mobil yang dijadikan barang bukti. Hanya saja, menurutnya, mobil tersebut tidak sedang digunakan kliennya saat penangkapan terjadi.

"(Ade) tidak pernah merasa walau ada pemberian untuk memengaruhi jabatannya sebagai komisioner KPU. Bukti transferan itu tak ada. Kami masih coba pahami lebih dalam. Belum ada keterangan lebih jauh dari klien kami. Mobil diambil penyidik di tangan pihak lain. Mobilnya ada di tangan DW (Didin Wahyudin)," tuturnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement