Rabu 28 Feb 2018 10:37 WIB

Ribuan Hektare Sawah di Kabupaten Bandung Terendam Banjir

Total 3.071 hektare sawah terendam dengan ketinggian air 15 cm hingga 150 cm.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih
Bocah berjalan melintasi areal sawah yang terendam banjir di Desa Tanjungsari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (23/2).
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Bocah berjalan melintasi areal sawah yang terendam banjir di Desa Tanjungsari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (23/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BALEENDAH -- Banjir yang melanda di Kabupaten Bandung sejak satu pekan lebih menyebabkan ribuan hektare sawah terendam banjir. Berdasarkan data Dinas Pertanian, total ribuan hektare sawah yang terendam mencapai 3.071 hektare dengan ketinggian air 15 cm hingga 150 cm. Saat ini, di beberapa titik, banjir yang merendam sawah sudah mulai berangsur surut.

Kepala Bidang Kedaruratandan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Bandung Heru Kiatno mengungkapkan banjir yang merendam sawah di Kabupaten Bandung saat ini berangsur surut. Jumlah tersebut katanya berasal dari sembilan kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung.

Data tersebut dari DinasPertanian Kabupaten Bandung, dari hari Jumat hingga Ahad kemarin. Sekarangsudah berangsur surut, ujarnya melalui sambungan telepon, Rabu (28/2).Katanya, di Kecamatan Cangkuang, Desa Pananjung, luas sawah yang terendambanjir mencapai 108 hektar kurang lebih selama lima jam dengan ketinggian 15 cm.

Kemudian, di Kecamatan Baleendah, Desa Andir, Desa Bojongmalaka, Desa Wargamekar dan Desa Baleendah banjir merendam sawah mencapai 421 hektare selama 48 jam hingga 4 hari denganketinggian 30 cm hingga 150 cm. Sedangkan di Kecamatan Dayeuhkolot, Desa Citereup, luas tanaman sawah yang terendam mencapai 47 hektare selama tujuh hari dengan ketinggian 40 cm.

Di Kecamatan Bojongsoang, tepatnya di Desa Lengkong, Cipagalo, Desa Tegalluar, Desa Bojongsari dan Desa Buahbatu, luas tanaman sawah yang terendam banjir mencapai 1294 hektare. Selama1 hingga 5 hari dengan ketinggian 20 cm hingga 150 cm.

Di beberapa tempat lainnya seperti di Kecamatan Soreang, Desa Parungserab, sebanyak 105 hektare lahan sawah terendam selama satu hari dan di Desa Kamasan, Kecamatan Banjaransebanyak 59 hektar selama satu hari. Di Kecamatan Rancaekek, tepatnya di Desa Nanjung Mekar, Desa Haurpugur mencapai 427 hektare selam 2-3 hari dengan ketinggian 30 cm.

Di Kecamatan Margaasih,Desa Margaasih luas sawah yang terendam 93 hektar selama empat jam, diKecamatan Cileunyi, Desa Cileunyi Wetan dan Cileunyi Kulon sebanyak 512 hektare sawah terendam selama tiga hari dan Kecamatan Ibun, Desa Tanggulun sebanyak 5 hektare.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement