Selasa 27 Feb 2018 16:49 WIB

Jalur Evakuasi Gunung Slamet Segera Diperbaiki

Rusaknya jalur evakuasi ini disebabkan faktor usia dan genangan air di badan jalan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Endro Yuwanto
Gunung Slamet
Foto: Antara
Gunung Slamet

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Jalur evakuasi bencana Gunung Slamat di Desa Cendana Kecamatan Kutasari, Purbalingga, Jawa Tengah, akan segera diperbaiki. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat meninjau kondisi jalan tersebut, Selasa (27/2).

''Ruas jalan ini sangat penting karena merupakan jalur evakuasi jika terjadi bencana akibat Gunung Slamet. Karena itu, kondisi jalan harus memadai sehingga proses evakuasi bisa berlangsung lancar untuk meminimalisasi korban,'' ujar Dyah.

Menurut Dyah, untuk memperbaiki kerusakan jalan tersebut, Pemkab Purbalingga telah menganggar dana dalam APBD 2018. ''Dengan demikian, pada awal tahun ini jalan tersebut sudah bisa diperbaiki,'' jelasnya.

Kepala Urusan Keuangan Pemerintah Desa Cendana, Sunarso, mengaku bersyukur ruas jalan tersebut akan segera diperbaiki. ''Tahun 2017, kami sebenarnya sudah mengajukan permohonan perbaikan ruas jalan itu. Namun belum berhasil. Alhamdulillah, tahun 2018 ini akan ditangani,'' katanya.

Kaur Pembangunan Pemdes Cendana Hartoyo mengatakan, rusaknya ruas jalan jalur evakuasi ini disebabkan faktor usia dan genangan air di badan jalan saat terjadi hujan. ''Hal ini menyebabkan aspal jalan menjadi cepat rusak,'' katanya.

Untuk itu, lanjut Hartoto, selain mengusulkan perbaikan jalan, pihaknya juga mengusulkan adanya pembangunan talud di sepanjang sisi jalan untuk menyangga tanah sehingga lebih stabil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement