Sabtu 24 Feb 2018 20:54 WIB

Kompolnas Rekomendasikan Perkuat Polisi Air

Bukan penambahan personel saja tapi juga kualitas dan kelengkapan infrastruktur

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Esthi Maharani
Rilis pengungkapan sabu 1,375 ton oleh BNN, TNI AL dan Bea Cukai. Selasa (20/2) di BNN, Jakarta.
Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho
Rilis pengungkapan sabu 1,375 ton oleh BNN, TNI AL dan Bea Cukai. Selasa (20/2) di BNN, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Andrea Poeloengan merekomendasikan agar Polri memperkuat Polisi Air terkait banyaknya upaya penyelundupan narkoba hingga berton-ton via laut. "Saya mencoba merekomendasikan bahwa perkuat Polair, (Indonesia) ini poros maritim, ada pantai tradisional, ada yang tidak masuk pantai pelabuhan tapi pribadi, itu harus diawasi," kata Andrea di Jakarta Pusat, Sabtu (24/2).

Selama ini diketahui banyak 'pelabuhan tikus' yqng digunakan untuk menyelundupkan narkoba. Sayangnya, hal ini kurang terpantau karena lemahnya stakeholder yang ada."Karena faktanya, ketika kami ke wilayah, ke daerah pantai seperti saya sampaikan tadi, nggak kuat Polair kita," kata Andrea.

Penguatan sendiri, lanjut Andrea bukan hanya soal penambahan personel. Namun, kualitas dan kelengkapan infrastruktur juga harus ditingkatkan. Misalnya, kapal-kapal yang mampu beroperasi sesuai daerahnya.

Di samping itu, sinergitas antar lembaga tetap harus menjadi prioritas. Antar lembaga harus seragam menerjemahkan perintah presiden untuk menindak tegas para pengedar.

"Presiden itu memerintahkan BNN sebagai ujung tombak penanggulangan dan pemberantasan narkoba. Cobalah bersama sama bergeraknya, bukan dengan Polri saja bea cukai juga, angkatan laut juga BPOM juga dan instansi lain dinas kesehatan juga," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement