Jumat 23 Feb 2018 21:36 WIB

Petani Keluhkan Rendahnya Harga Jual Bawang Merah

Harga bawang merah masih di bawah harga standar yang dipatok petani.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Winda Destiana Putri
Bawang
Bawang

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Sejumlah petani bawang merah di Desa Panembong, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengeluhkan rendahnya harga jual seusai periode panen raya. Harga bawang merah masih di bawah harga standar yang dipatok petani yaitu 11 ribu rupiah per kilogram.

Diketahui, harga bawang merah yang dijual oleh para petani berada di harga 9 ribu per kilogram. Mirisnya pada Januari lalu harga jualnya hanya 5 ribu per kilogram.

Di sisi lain, pada panen raya Januari lalu, jumlah panen bawang merah di Desa Panembong mengalami penurunan jadi hanya enam ribu ton. Kalau melihat tahun sebelumnya, jumlah produksi mampu mencapai tujuh ribu ton.

Salah satu petani bawang merah Desa Panembong Pramono mengatakan setiap tahunnya produksi bawang terus mengalami penurunan. Ia menduga penyebabnya lantaran gangguan saat produksi.

"Saya duga akibat terkena hama, tidak semua bawang yang kami tanam dapat di panen," katanya pada wartawan, Jumat (23/2).

Ia menyebut permintaan pasar terhadap komoditas bawang merah dari Desa Panembong mengalami penurunan dikarenakan gagal panen. Seharusnya bawang merah dari Desa Panembong ini dijual ke sejumlah daerah seperti Bandung, Jakarta hingga nyebrang ke Pulau Sumatera.

"Sebulan seusai masa panen biasanya stok selalu menipis, tetapi sekarang di gudang masih banyak," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement