Kamis 22 Feb 2018 22:13 WIB

Tanggul Sungai Cilamaya Karawang Jebol

Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur.

Banjir (ilustrasi).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Banjir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  KARAWANG -- Tanggul Sungai Cilamaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, jebol pada Kamis (22/2) sore. Akibatnya kawasan pemukiman dan areal persawahan di Kecamatan Cilamaya Wetan, tergenang air.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang Banuara Nadeak di Karawang, Kamis (22/2), mengatakan, tanggul Sungai Cilamaya yang jebol itu berada di Desa Mekarmaya, Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan.

"Tanggul sungai jebol karena debit air tinggi, sedangkan tanggul kurang begitu besar sehingga tanggul tidak kuat menahan air yang debitnya terus meningkat," katanya kepada Antara.

Akibat tanggul sungai tidak kuat menahan air yang debit terus meningkat, terjadi rembesan yang akhirnya membuat tanggul jebol sekitar 10 sentimeter.

Selain menggenangi kawasan pemukiman, tanggul sungai yang jebol itu juga menggenangi jalan raya. Bahkan dilaporkan areal persawahan seluas sekitar 5 hektare tergenang.

Ia menyatakan tanggul sungai itu jebol pada Kamis sore sekitar pukul 16.00 WIB dan pada malam harinya secara perlahan surut. "Untuk sementara ini kondisinya masih aman. Tapi kami tetap waspada," kata Banuara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement