Senin 19 Feb 2018 18:40 WIB

KLB Difteri, DPD AMPI Gelar Vaksin Difteri Gratis

Gerakan tersebut dilaksanakan berpusat di kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta.

Vaksin
Foto: pixabay
Vaksin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan data yang dihimpun di wilayah provinsi DKI Jakarta, sepanjang 2017 lalu terjadi sebanyak 109 kasus difteri di seluruh penjuru wilayah. Sedangkan pada awal tahun 2018 bedasarkan data Kementrian Kesehatan, sudah terdapat 46 kasus baru difteri yang dilaporkan dari 7 provinsi, salah satunya adalah DKI Jakarta.

Dikarenakan adanya lonjakan tersebut, kasus difteri di DKI Jakarta pun berstatus kejadian luar biasa (KLB). Sehingga ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk turut berpartisipasi dalam usaha penanggulangan difteri secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Menjawab hal tersebut, pada akhir pekan kemarin, DPD AMPI DKI Jakarta mengadakan gerakan #AMPIDKISEHAT bersama dengan berbagai lapisan dan elemen masyarakat dan warga sekitar. Gerakan tersebut dilaksanakan berpusat di kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat.

"Dengan fokus utama pada acara penyuluhan dan penyuntikan vaksin Difteri, gerakan ini merupakan salah satu bentuk usaha AMPI DKI Jakarta dalam mendukung program prioritas pemerintah pusat dan DKI Jakarta yaitu Outbreak Response Immunization (ORI) dan Antidifteri Serum (ADS) untuk pengobatan pasien difteri yang membutuhkan, khususnya di  DKI Jakarta," kata Gaya Kartasasmita selaku Ketua DPD AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) DKI Jakarta dalam keterangannya.

Sehingga, untuk merealisasikan dukungan mereka terhadap pemerintah, DPD AMPI DKI Jakarta membantu dengan melakukan pemberian vaksin difteri massal secara gratis kepada masyarakat DKI Jakarta, khususnya kepada orang dewasa di atas usia 19 tahun melalui acara #AMPIDKISEHAT.

 

Acara yang diawali dengan olahraga lari pagi bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, lalu dibuka secara seremonial dengan melakukan diskusi mengenai pentingnya menjaga gaya hidup sehat dan menjadi pemuda yang membawa pembaharuan serta perubahan penting untuk bangsa.

Pemberian vaksin difteri terlaksana melalui kerjasama antara DPD AMPI DKI Jakarta dengan KARTINI AMPI yang diketuai oleh Andi Fauziah Pujiwatie Hatta (Ichi). Dalam kesempatan yang sama, baik Gaya dan Ichi menyampaikan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat berjalan secara kontinyu dan dapat ditiru oleh lainnya, sehingga dapat menyentuh dan memberikan pengaruh yang baik secara langsung ke masyarakat yang membutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement