Senin 19 Feb 2018 18:53 WIB

Demiz Ajak Pedagang Pasar Optimalkan Pisang Asli Jabar

Demiz mengatakan seharusnya Jabar mampu memenuhi kebutuhan pisang

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar
Foto: Republika/Edi Yusuf
Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Calon gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menawarkan konsep budidaya pangan lokal ditingkatkan untuk menekan angka kebutuhan ekspor dari luar Jawa Barat. Menurut Deddy Mizwar, saat datang ke Pasar Caringin, ia melihat ada pisang dari Lampung sangat banyak padahal di Jabar juga banyak daerah penghasil pisang.

"Saya tadi lihat ada pisang dari Lampung sangat banyak, padahal di Jabar Selatan banyak pisang, dari Sukabumi ke Pangandaran tuh pisang semua," ujar Deddy Mizwar yang akrab disapa Demiz dalam kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 di Pasar Caringin Kota Bandung, Senin (19/2).

Demiz menilai, ekspor pisang dari Lampung di tengah ketersediaan pisang dari kawasan Jawa Barat Selatan harus dievaluasi. Karena, Jabar mampu untuk memenuhi kebutuhan Bandung raya dan sekitarnya, harus dievaluasi.

"Kenapa mengambil dari Lampung? Apakah kualitas kah? Kalau bicara kualitas bisa ditingkatkan, sebetulnya kan lebih jauh Lampung untuk transportnya dibandingkan Jabar Selatan," katanya.

Demiz berharap, di masa pemerintahannya distribusi buah pisang untuk kebutuhan masyarakat dan penjualan di Pasar Caringin perlahan harus berasal dari Jawa Barat. "Kenapa Jabar Selatan enggak dibudidayakan saja itu pisang. Kebutuhannya kan luar biasa di sini, enggak usah ekspor, kebutuhan Bandung Raya saja," katanya.

Artinya, kata dia, pasar pisang sudah ada, tinggal bagaimana budidaya penghasil pisang dikembangkan kualitasnya, packing-nya. "Kenapa harus dari Lampung, ini jadi catatan," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement