Senin 19 Feb 2018 06:03 WIB

Paradoks Ekonomi Zaman Now

Tapi, tunggu dulu. Anda bertanya siapa pemilik Gojek dan Tokopedia sekarang?

Iman Sugema
Foto:

Tidak hanya kendaraan yang bisa Anda sewakan. Keterampilan mencukur, memijat, atau membersihkan rumah dapat Anda sewakan. Anda juga tak harus membuka tempat khusus untuk usaha Anda. Platform online dapat menggantikan fungsi tempat usaha. Asal Anda bersedia dipanggil ke rumah calon pelanggan, Anda akan terus mendapatkan penghasilan.

Kreasi kids jaman now tidak hanya terbatas untuk hal-hal itu. Banyak yang sedang bergelut dengan menciptakan alat transaksi elektronis. Ada juga yang sedang berupaya melestarikan lingkungan hidup secara online. Ada yang menyediakan layanan kesehatan secara online.

Banyak yang sedang berupaya membuat machine learning untuk dunia kesehatan, pertanian, dan biologi. Ini zaman kreativitas tanpa batasan suku, agama, ras, atau apa pun. Hebat, bukan?

Tapi, tunggu dulu. Anda bertanya siapa pemilik Gojek dan Tokopedia sekarang? Tak jauh-jauh dari Jack Ma dan raksasa dunia maya lainnya seperti Google. Nah, ini kemudian menjadi persoalan tersendiri. Kalau pada ujungnya kemudian dunia maya dikuasai oleh pelaku raksasa, bukankah ini akan merupakan paradoks tersendiri.

Kita tadinya berharap bahwa para perintis usaha ini akan menjadi raksasa di tingkat nasional, bahkan global. Tadinya itu sebuah mimpi besar, tapi sekarang ini menjadi kenyataan yang cukup memprihatinkan. Tadinya kita beharap akan terjadi persaingan antara kecil dan raksasa.

Toh, dalam dunia digital, sangat sering raksasa tumbang oleh pemain baru. Facebook tiba-tiba menjadi sangat digdaya. WA dalam sekejap menumbangkan Blackberry. Tak adakah anak muda kita yang akan menciptakan disrupsi di tingkat global? Ya, itu mungkin cuman mimpi kita saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement