Ahad 18 Feb 2018 08:53 WIB

Wisatawan Bandung yang Tenggelam di Sukabumi Ditemukan Tewas

Korban ditemukan 12 kilometer dari lokasi tenggelam.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andri Saubani
Ilustrasi tenggelam
Foto: Republika
Ilustrasi tenggelam

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Jasad wisatawan asal Bandung yang tenggelam di air terjun Curug Cikaso Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat akhirnya ditemukan. Korban ditemukan meninggal dunia sekitar 12 meter dari lokasi tenggelam.

Sebelumnya, seorang wisatawan asal Bandung hanyut tenggelam di Curug Cikaso, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jumat (16/2) sore. Data yang diperoleh menyebutkan, tenggelamnya korban terjadi pada Jumat sore sekitar pukul 16.00 WIB. Korban yang hilang tenggelam adalah Taufan Meihart Bimbuain (23 tahun) warga Jalan Cihampelas Blok 322 RT 05 RW 02 Bandung yang berprofesi sebagai karyawan swasta.

"Korban berhasil diketemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Sabtu (17/2) pukul 09.40 WIB," terang Koordinator Pos Sar Sukabumi, Aulia Sholihanto kepada wartawan Ahad (18/2). Jasad korban lanjut dia berada sekitar 12 meter dari titik tenggelamnya.

Aulia mengatakan, jasad korban langsung dievakuasi oleh petugas gabungan. Setelah dilakukan evaluasi dan sudah tidak ada korban jiwa yang di cari maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup.

Sebelumnya, lanjut Aulia, tim pencari ganungan melakukan pencarian sejak Sabtu pagi. Caranya dengan melakukan penyelaman di lokasi kejadian.

Unsur yang terlibat dalam pencarian di antaranya berasal dari Pos SAR Sukabumi, BPBD Kabupaten Sukabumi, Koramil Surade, Polsek Surade, ACT Sukabumi, Satpol PP Cibitung, Rapi, Sarda, teman korban, dan masyarakat setempat. Sarana yang di gunakan untuk pencarian yakni rescue car carrier dan palsar air lengkap.

Koordinator Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Pajri menambahkan, korban tenggelam ketika bermain bersama dengan empat temannya di lokasi wisata air terjun Curug Cikaso. Informasi yang diperoleh korban dan temannya bermain di bebatuan yang ada di bawah air terjun.

Namun nahas, lanjut Okih, korban yang akhirnya mendekat ke lokasi jatuhnya air ini tenggelam dan meminta tolong kepada temannya. Rekan korban Timotius (27) mencoba menolong namun tidak berhasil menyelamatkan Taufan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement