Sabtu 17 Feb 2018 13:32 WIB

PDIP Lolos Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu

Hasto mengatakan PDIP berkomitmen untuk mendukung pemerintahan Jokowi

Rep: Ali Mansur/ Red: Bilal Ramadhan
PDI Perjuangan
PDI Perjuangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyampaikan, bahwa PDI Perjuangan telah memenuhi syarat verifikasi Partai Politik dan tercatat sebagai peserta pemilu 2019, pada pukul 11.06 WIB. Maka dengan demikian Pemilu 2019 akan menjadi pemilu ke-9 yg diikuti PDI Perjuangan sejak tahun 1973.

Kecuali pada tahun 1997, kata Hasto, pihaknya dilarang ikut pemilu dan munculah gerakan rakyat Mega Bintang guna melawan rezim otoriter yang mematikan demokrasi dengan peristiwa 27 Juli 1996. "Bagi PDI Perjuangan, pemilu adalah alat, dimana rakyatlah yang berdaulat untuk menentukan para wakilnya di lembaga legislatif," jelas Hasto, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/2).

Hasto mengatakan, PDI Perjuangan memberikan apresiasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan DKPP. Hasto menilai yang telah berkerja profesional, independen dan hal tersebut menjadi awal yang baik bagi peningkatan kualitas demokrasi Indonesia.

Kemudian, PDI Perjuangan juga berkomitmen untuk menjadikan kontestasi pemilu, yang diwarnai dengan penyampaian gagasan terbaik untuk rakyat, bangsa dan negara Indonesia. "Partai berkomitmen untuk mendukung pemerintah Presiden Jokowi dan seluruh penyelenggara Pemilu guna mendorong pemilu yang lebih demokratis dan sesuai dengan azas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," jelas Hasto.

Selanjutnya, dengan lolosnya PDI Perjuangan sebagai peserta Pemilu, Hasto mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri menginstruksikan agar Partai terus melakukan langkah konsolidasi. Kemudian juga melakukan rekrutmen calon anggota legislatif di seluruh tingkatan dengan mengedepankan kriteria ideologis atas dasar Pancasila.

Serta kepemimpinan untuk rakyat, pemahaman terhadap pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran, pengawasan dan fungi representasi serta aspek kepribadian termasuk integritas. PDI Perjuangan juga berkomitmen menghadirkan watak politik yang membangun peradaban bangsa.

"Seluruh anggota dan kader partai agar bekerja keras, berdisiplin dan bergerak kebawah ditengah rakyat," jelas Hasto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement