Sabtu 17 Feb 2018 05:30 WIB

Komunitas Ontel Perkuat Wisata Banjarmasin

Di berbagai kota wisata dunia, tak terlepas dari keberadaan sepeda ontel.

sepeda
Foto: ebicycles.com
sepeda

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Ibnu Sina mengakui keberadaan komunitas sepeda ontel memperkuat posisi Banjarmasin sebagai kota wisata. Pemkot Banjarmasin mendukung keberadaan komunitas sepeda ontel yang tergabung dalam komunitas Sepeda Antik Banjarmasin (Saban).

Wali kota Ibnu Sina mengakui dirinya hoby sepeda tua, bahkan sudah memiliki beberapa koleksi sepeda tua merk tertentu. Bahkan ada keinginan membeli langsung sepeda tua dari negeri yang memproduksi sepeda-sepeda semacam itu, seperti negeri Belanda.

"Kemarin saya berkunjung ke Belanda, melihat sendiri pertokoan yang menjual sepeda ontel, tetapi karena agak terlambat pengurusan pengirimannya maka pembelian dibatalkan," ucapnya.

Menurut dia, di berbagai kota wisata dunia, tak terlepas dari keberadaan sepeda ontel, bahkan di Belanda dan Denmark kota tertentu yang menjadi destinasi wisata 70 persen masyarakatnya menggunakan sepeda.

Oleh karena itu, Banjarmasin juga berkeinginan menjadikan kawasan ini sebagai kawasan bersepeda khususnya ontel, karena dengan ontel ada nilai pelestarian budaya dan mengolahrakan masyarakat.

Dengan bersepeda maka ada green transportasi untuk mengurangi emisi karbon di udara, ada green energi penghematan bahan bakar minyak, serta mengurangi kemacetan, tambahnya saat bersama anggota saban touring dengan ontel keliling Banjarmasin.

Apalagi Banjarmasin dikenal sebagai kota tua maka keberadaan benda tua memperkuat posisi kota tua sebagai tujuan wisata, salah satu itu adalah keberadaan komunitas ontel.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement