Ahad 11 Feb 2018 17:58 WIB

Zakat ASN yang Jadi Polemik Banget...

Agung Sasongko
Foto:
Agung Sasongko

Muhammad Haikal dalam bukunya Sejarah Hidup Muhammad mengatakan, fungsi zakat sebagai kewajiban yang bertalian dengan iman dalam disiplin rohani merupakan salah satu unsur pembentuk kebudayaan dunia. Inilah hikmah terbesar yang mengantarkan manusia ke puncak kebahagiaannya.

Harta dan segala keserakahan mereka yang menumpuk, merupakan penyebab munculnya superioritas. Ini berlanjut pada lahirnya dekadensi moral yang menimpa seluruh dunia. Itu sebabnya, kehadiran lembaga-Lembaga sosial atau apapun bentuknya, merupakan bentuk rasa persaudaraan serta rasa cinta dan syukur kepada Allah atas nikmat yang diterima.

Allah subhana wa ta'ala berfirman dalam Surah al-Qasas ayat 77, Dengan kenikmatan yang telah diberikan kepada Allah kepadamu, carilah kebahagiaan akhirat, tapi jangan kau lupakan nasibmu di dunia ini. Berbuat baiklah kepada orang lain seperti Allah telah berbuat baik kepadamu, Jangan engkau berbuat bencana di muka bumi, sesungguhnya Allah tidak mencintai orang yang berbuat bencana.

Karena itulah, zakat juga memiliki hikmah yang begitu banyak. Zakat mendidik manusia untuk membersihkan diri dari sifat kikir dan bakhil. Zakat juga memberi arti bahwa manusia tak hidup sendiri. Zakat dapat meringankan beban fakir dan miskin serta meratakan nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Jadi, polemik banget, jika penarikan zakat dipaksakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement