Ahad 11 Feb 2018 15:06 WIB

16 Parpol di Jabar Lolos Verifikasi

Verifikasi dilakukan selama empat bulan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hazliansyah
Bendera partai politik. Ilustrasi
Foto: Republika
Bendera partai politik. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- 16 partai politik di Jawa Barat dinyatakan lolos verifikasi sehingga memenuhi syarat untuk tampil dalam Pemilu 2019. Ke-16 parpol tersebut adalah Partai Persatuan Indonesia, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Nasdem, PKS, PKB, Partai Gerindra, PPP, PDIP, Partai Demokrat dan Partai Golkar.

Selain itu Partai Bulan Bintang, Partai Hanura, PAN, PKPI, Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

Menurut Komisioner KPU Jabar, Agus Rustandi, semua Parpol tersebut telah diverifikasi terkait kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor, dan keanggotaan.

"Semua itu dilakukan selama empat bulan penuh, dan Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan," ujar Agus pada rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual di tingkat KPUD Kabupaten/Kota di KPU Provinsi Jawa Barat di Jl Garut, Ahad (11/2).

Menurut Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat, kewenangan KPU Jabar hanya sekedar memberi label MS atau Memenuhi syarat, karena keputusan finalnya ada di KPU RI.

"Kewenangan yang terbatas ini memungkinkan adanya perbedaan data, sehingga kami mengundang Kabupaten/Kota untuk klarifikasi dan setiap keberatan harus didasarkan fakta," kata Yayat.

Yayat pun mengapresiasi kinerja KPU Jabar serta KPUD Kabupaten/Kota. Karena, meskipub verifikasi dilakukan dengan dua regulasi, yakni PKPU No 11/2017 dan PKPU No 6/2018, semuanya berjalan lancar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement