Sabtu 10 Feb 2018 13:47 WIB

Tiga Program Vokasi UMY Raih Akreditasi B

Ketiga program antara lain Akuntansi Terapan, Teknik Elektromedika dan Teknik Mesin.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
Direktur Program Vokasi UMY, Bambang Jatmiko.
Foto: Wahyu Suryana/REPUBLIKA
Direktur Program Vokasi UMY, Bambang Jatmiko.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Tiga program vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil meraih Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Raihan akreditasi itu diumumkan Direktur Program Vokasi UMY, Bambang Jatmiko.

"Ketiga program vokasi tersebut adalah Akuntansi Terapan, Teknik Elektromedika dan Teknik Mesin," kata Bambang di Lobi Gedung Mas Mansyur Kampus Terpadu UMY, beberapa waktu lalu.

Bambang menyebutkan, raihan peringkat akreditasi itu merupakan sebuah prestasi tersendiri bagi Program Vokasi. Terlebih, Program Vokasi baru bergabung dengan UMY pada Agustus 2016 lalu, yang sebelumnya merupakan Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta.

Ia menilai, Program Vokasi melakukan persiapan selama kurang lebih satu tahun, yang hasilnya masing-masing berhasil memperoleh Akreditasi B berdasarkan dua visitasi. Itu memakai satu penilaian memakai Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).

Bambang melihat, perolehan peringkat itu tidak lepas dengan model kurikulum yang dimiliki Program Vokasi UMY. Kurikulum yang diterapkan untuk Program Vokasi menitikberatkan kepada link and match.

"Dengan mendekatkan industri kepada mahasiswa dan menjadikannya barometer pendidikan agar mahasiswa miliki nilai tambah, dengan ini mahasiswa memiliki lima semester di bangku kelas dan satu semester penuh nantinya secara langsung praktek dalam lingkungan industri," ujar Bambang.

Ia berharap, mahasiswa akan miliki kemampuan yang kompeten sesuai dengan standar industri. Misalkan, mahasiswa Teknik Mesin dapat melakukan praktek di industri yang sudah kerja sama dengan UMY seperti Dynaplast.

Sedangkan, lanjut Bambang, untuk mahasiswa Teknik Elektromedika dapat praktek di seluruh jaringan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah dan rumah-rumah sakit lain di DIY dan Jawa Tengah. Selain itu, saat mahasiswa menyelesaikan progra ini mahasiswa akan mendapat sertifikasi.

Tentu, sertifikat yang didapat merupakan sertifikasi keahlian dari organisasi profesi yang berkaitan. Misalkan, mahasiswa Teknik Elektromedik akan mendapatkan sertifikasi dari Asosiasi Pendidikan Tinggi Elektromedik Indonesia (APTEMI).

"Sehingga, ketika selesai dari program ini mahasiswa akan memiliki keahlian yang sudah tersertifikasi, pengalaman di lapangan industri dan ijazah, ini nantinya akan menjadi sebuah nilai tambah tersendiri bagi lulusan Program Vokasi UMY," kata Bambang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement