Jumat 09 Feb 2018 10:17 WIB

Telantar di Jakarta, Ibu Ini Nyaris Melahirkan di Jalanan

Rosida dan suami tak memiliki tempat tinggal setelah lapaknya digusur.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi melahirkan.
Foto: pixabay
Ilustrasi melahirkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang wanita nyaris melahirkan bayinya di pinggir jalan akibat telantar di Jakarta. Selama berhari-hari. Selama ini ia dan suaminya hidup tanpa memiliki tempat berteduh.

Rosida yang berusia 35 tahun sedang hamil tua sebelumnya tinggal bersama Sanudin sang suami yang berprofesi sebagai pemulung di sebuah lapak di daerah Grogol, Jakarta Barat. Namun, kini lapak itu telah digusur sehingga ia dan suaminya tak memiliki tempat tinggal lagi.

"Warga Grogol yang menolong ibu Rosida yang saat itu sedang dalam keadaan ingin melahirkan di pinggir jalan di Jl. Susilo 1, Grogol," kata Ridwan Satuan Pelaksana Sosial Kecamatan Grogol Petamburan saat menyelamatkan keluarga tersebut dalam keterangan tertulis yang didapat Republika.co.id, Jumat (9/2).

Ridwan melanjutkan warga lalu membawa Rosida ke Rumah Sakit Ibnu Sina di Grogol, untuk proses persalinan. Proses persalinan pun berjalan lancar dan Rosida melahirkan seorang anak laki-laki dalam kondisi sehat dan normal.

"Ibu Eneng dari PKK kelurahan Jelambar beserta warga sekitar merasa kasihan dan berinisiatif menampung keluarga itu," ujar Ridwan. Pada saat itu mereka dibantu dengan mengontrakkan sebuah kamar dan memberi makan serta pakaian kepada keluarga tersebut selama satu bulan.

Namun, karena Rosida ternyata memiliki sedikit gangguan kejiwaan dan suaminya juga memiliki penyakit gula, warga pun merasa kesulitan dalam memberikan bantuan. "Suaminya tidak bisa bekerja karena gula itu dan beberapa jarinya cacat. Akhirnya warga melaporkan kepada kami untuk penanganan lebih lanjut," ujar Ridwan.

Pihaknya bersama petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Barat melakukan penyelamatan terhadap keluarga tersebut. Mereka saat ini untuk sementara dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Kedoya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement