Rabu 07 Feb 2018 10:27 WIB

Kroasia dan Surabaya Kerja Sama Bidang Kemaritiman

Industri perkapalan Kroasia maju, Surabaya memiliki kawasan pantai dan pelabuhan

Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.
Foto: Ist
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA -- Kroasia dan Kota Surabaya menjajaki kerja sama untuk meningkatkan perekonomian di bidang kemaritiman, khususnya industri perkapalan dan pengelolaan pelabuhan. Ketua DPRD Surabaya Armuji mengatakan industri perkapalan di Kroasia maju, sedangkan Surabaya juga memiliki kawasan pantai dan pelabuhan.

"Tentunya kerja sama antara Kroasia dan Surabaya bisa dikembangkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masing-masing kawasan," katanya, Rabu (7/2).

Armuji mengatakan upaya menjalin kerja sama tersebut sudah disampaikan Duta Besar Kroasia untuk Indonesia Drazen Margeta dalam kunjungannya di kantor DPRD Surabaya, Selasa (6/2). Menurut dia, hubungan kerja sama antara Kroasia dan Surabaya akan dijalin melalui hubungan sister city. Nantinya masing-masing kawasan akan melihat potensi yang bisa digali untuk keuntungan di masing-masing daerah.

"Pemanfaatannya untuk Surabaya kan juga harus jelas untuk apa nantinya," katanya.

Politikus PDI Perjuangan itu, menegaskan kerja sama memang bisa dijalin melalui berbagai bidang seperti pertukaran mahasiswa dan pelajar di antara Kroasia dan Surabaya. Ia mengharapkan manfaat dari kerja sama tersebut yang harus bisa dirasakan untuk pendidikan di "Kota Pahlawan" itu.

"Selain bidang pendidikan ada banyak lagi," katanya.

Menurut dia, beberapa potensi yang juga bisa digali dari Kroasia di antaranya dari bidang olahraga. Tenis dan sepak bola menjadi olahraga terkenal di Kroasia. "Kami bisa mendatangkan pelatih atau menyekolahkan pelatih di Kroasia," katanya.

Selain itu, lanjut dia, kerja sama di bidang teknologi informasi (IT) juga penting. Hal tersebut juga bisa menangkal berita "hoaks" atau bohong yang saat ini sedang marak. "Nantinya beberapa kerja sama itu akan ditindaklanjuti karena pihak Kroasia juga akan bertemu dengan Pemkot Surabaya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement