Senin 05 Feb 2018 03:14 WIB

Warga Gunung Padang Butuh Pusat Layanan Kesehatan

Selama ini pelayanan medis hanya tersedia di Warungkondang dan Cianjur.

Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat
Foto: ROL/Santi Sopia
Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Warga di lingkungan Situs Meghalit Gunung Padang di Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat, berharap pemerintah daerah memperhatikan kebutuhan pokok dasar warga. Salah satunya, adalah pusat pelayanan kesehatan.

Pasalnya selama ini, warga sekitar kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang berjarak belasan kilometer di kecamatan lain. Bahkan, keberadaan pelayanan kesehatan tersebut, sangat dibutuhkan untuk pengunjung yang terus meningkat setiap akhir pekan.

"Sangat perlu tidak hanya untuk warga, tapi ketika ada pengunjung yang membutuhkan penangan medis saat berkunjung tidak lagi harus jauh ke Warungkondang atau Cianjur, cukup ke puskesmas yang ada di area situs," kata Eko Wiwid Kordinator Sahabat Gunung Padang pada wartawan, Ahad (4/2).

Dia menjelaskan, seharusnya pemerintah tidak hanya merespons persoalan situs semata, untuk dijadikan destinasi wisata bahkan hanya jadi komoditi kepentingan isu. Namun, Gunung Padang harus terintegrasi dengan kebutuhan pokok dasar warga yang tinggal di sekitar kawasan seperti regulasi budaya asli leluhur masyarakat Jawa Barat, termasuk regulasi kearifan lokal Cianjur.

"Pemerintah perlu dan wajib hukumnya memperhatikan hal tersebut, kebutuhan pokok dasar warga yang tinggal dan bermukim di kawasan situs salah satunya kebutuhan pokok pelayanan kesahatan, termasuk untuk pengunjung," katanya.

Saat ini, warga sekitar atau pengujung yang membutuhkan pelayanan kesehatan harus menempuh jalan belasan kilometer untuk sampai ke pusat pelayanan terdekat di Warungkondang, Gekbrong, atau Cianjur. Dia menambahkan, seharusnya hal tersebut menjadi tugas pemerintah daerah, agar warga dan pengunjung yang datang ke kawasan situs dapat merasa aman dan nyaman saat berlibur

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement