Ahad 04 Feb 2018 20:51 WIB

'Hasanah' Akan Perjuangkan Aspirasi Buruh

kebanyakan buruh belum memiliki rumah tinggal

Rep: sandy ferdiana/ Red: Rahmat Santosa Basarah
Calon Gubernur Jawa Barat, TB Hasanudin (kiri) menyerahkan berkas perdaftaran di KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu (10/1).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Calon Gubernur Jawa Barat, TB Hasanudin (kiri) menyerahkan berkas perdaftaran di KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu (10/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Buruh tekstil yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Sumedang-Bandung menyimpan harapan akan kesejahteraan terhadap Bakal Calon Gubernur Jabar TB Hasanuddin. Harapan buruh itu terungkap dalam silaturahim Serikat Pekerja Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, akhir pekan lalu.

Kang Hasan, panggilan akrab TB Hasanuddin, hadir dalam silaturahim itu untuk memenuhi undangan serikat pekerja. Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jabar Ineu Purwadewi, Anggota DPR RI H Yadi Srimulyadi, dan sejumlah kader PDIP Provinsi Jabar. Di tengah silaturahim, jajaran pengurus SPSI Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung menyampaikan dukungan kepada Balongub Jabar dari PDIP itu.

Selain memberikan dukungan, para buruh juga menyampaikan sejumlah aspirasinya kepada Hasan jika kelak terpilih menjadi gubernur Jabar periode 2018-2023. Ketua Dewan Pimpinan Cabang SPSI Kabupaten Sumedang Guruh Rudianto mengatakan, selama ini kalangan buruh masih direlung persoalan primer, yakni sandang, pangan dan papan. Kata dia, kebanyakan buruh belum memiliki rumah tinggal. Guruh menjelaskan, pasangan Hasanah (TB Hasanuddin-Anton Charliyan) diharapkan menggulirkan program stimulus bagi buruh agar dapat memiliki rumah.

Selain itu, ungkap Guruh, disparitas upah minimum para buruh juga hingga kini masih jauh dengan daerah lain di Jabar. Dengan demikian, lanjut dia, sangat tampak kesenjangan antar buruh. Pihaknya berharap adanya pemerataan kesejahteraan para buruh. ‘’Niat Kang Hasan yaitu untuk mensejahterakan rakyat, kenapa tidak kita dukung,’’ ungkap Guruh dalam siaran pers yang diterima Republika, Ahad (4/2).

Sementara Balongub Jabar dari PDIP TB Hasanuddin mengaku siap merealisasikan keinginan para buruh jika dirinya terpilih sebagai gubernur Jabar. Menurut dia, aspirasi tersebut perlu ditindaklanjuti karena tergolong sebagai kebutuhan mendasar manusia. ‘’Itu aspirasi baik untuk mereka (Buruh) ,saya akan terima dan saya laksanakan kalau saya jadi gubernur,’’ ujarnya. Hasan menegaskan, pasangan Hasanah siap menjadi garda terdepan dalam memperjuang hak para buruh dan masyarakat kecil lainnya.

Hasan menegaskan, pasangan Hasanah siap menjadi tameng masyarakat kecil. Menurut dia, jabatan merupakan amanah dalam memperjuang hak rakyat. Dirinya berjanji akan selalu membuka diri untuk menampung aspirasi warga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement