Rabu 31 Jan 2018 10:40 WIB

Tersangka Kebakaran 500 Rumah Mengaku Dapat Bisikan Gaib

Warga meragukan klaim tersangka karena setiap hari berperilaku normal.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Teguh Firmansyah
Petugas dari Polri, TNI, Kelurahan Krukut, dan Kecamatan Taman Sari melakukan kerja bakti bersih-bersih sisa puing kebakaran, Senin
Foto: Republika/Inas Widyanuratikah
Petugas dari Polri, TNI, Kelurahan Krukut, dan Kecamatan Taman Sari melakukan kerja bakti bersih-bersih sisa puing kebakaran, Senin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Pelaku dalam kebakaran yang menghanguskan 500 rumah di Jalan Keutamaan Dalam, Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, disebut-sebut alami gangguan jiwa. Namun sejumlah warga meragukan klaim tersebut karena dalam keseharian pelaku bersikap waras. 

 

Salah satu warga yang juga merupakan Ketua RT 08/03 Krukut, Adi Antara, mengatakan, keseharian pelaku adalah pengemudi Grab dan sering ngobrol dengan para tetangga. "Kalau gangguan jiwa mana ngerti duit! Dia (pelaku) kan ngerti," kata Adi, Rabu (31/1).

Keterangan Adi itu disahut oleh orang sekitar berdiri di dekat Adi yang menyebut pelaku sangat waras.  Sementara tersangka yang diketahui bernama Soni justru mengaku mendapat bisikan gaib untuk bakar rumah.

 

"Jadi pelaku mengaku ada bisikan-bisikan gaib, yang mengakibatkan dia membakar sprei akhirnya membakar beberapa (ratusan) rumah di sana," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Rabu (31/1).

Menurut dia, Polres Metro Jakarta Barat masih mendalami keterangan Soni, dan sedang dilakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Keluarga Soni pun juga sudah dimintai keterangan terkait kebakaran tersebut.

Walaupun Soni mengaku ada bisikan gaib sesaat sebelum membakar rumahnya, warga setempat justru dengan nyata melihat pertikaian dan ancaman membakar rumah dari pelaku. Warga juga tidak percaya jika Soni mengalami gangguan jiwa.

"Sudah dua kali dia coba bakar rumahnya sejak pukul 01.00 WIB, tapi berhasil dipadamkan warga. Nah, yang ketiga, dia bakar dari atas rumahnya dan jadi besar," kata Adi Antara kepada Republika.co.id saat ditemui di lokasi kebakaran, akhir pekan lalu.

Sebelumnya diberitakan, ratusan rumah terbakar di wilayah Tamansari, Jakarta Barat, tepatnya di dekat Kali Krukut. Total ada 10 RT dalam kebakaran tersebut, yakni RT 07, 08, 09, 10, 11, 12, 13, 14, 15, dan 16 di RW 03.

Setidaknya ada 38 unit pemadam kebakaran yang terjun langsung, dan sempat mengalami kesulitan lantaran pemukiman padat hunian, jalan lingkungan sempit dan digunakan sebagai parkir kendaraan, dan sumber air jauh.

Kebakaran yang terjadi di Jalan Keutamaan Dalam, Krukut, Tamansari, Jakarta Barat itu, memakan korban luka hingga 10 orang. Namun telah ditangani oleh PMI yang datang langsung ke lokasi kebakaran.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement