Sabtu 27 Jan 2018 22:09 WIB

Ketua MPR Rincikan Bekal untuk Anak Muda Zaman Now

Bekal ilmu bisa menjadikan manusia unggul baik secara sosial maupun ekonomi.

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.
Foto: mpr
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) membicarakan beberapa hal yang harus dimiliki anak muda zaman sekarang. Poin-poin tersebut, menurutnya bisa menjadi bekal untuk bersaing di level global.

Zulhas menjelaskan, pertama, semua orang perlu mengenal dengan detail dari mana ia berasal. "Budayanya, keunggulan daerahnya, adat istiadat. Sehingga dari situ bisa timbul cinta atau empati," kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini saat memberikan kuliah umum di Universitas Riau, Pekan Baru, Sabtu (27/1).

Zulhas melanjutkan, berikutnya, seorang anak Indonesia perlu memahami Nusantara secara keseluruhan. Dengan begitu ada penangkalan terhadap budaya asing yang negatif.

Zulhas meneruskan, yang tidak kalah pentingnya adalah ilmu. Dengan bekal tersebut, bisa menjadi manusia yang unggul baik secara sosial maupun ekonomi.

"Kenapa kita kalah dari Singapura, Malaysia? Karena ilmu. Nanti jadi kuli di kampung orang, di kampung sendiri. Saya dulu sekolah jalan kaki lima kilometer, tak pakai sepatu, bisa jadi menteri, bisa jadi ketua MPR," tutur Zulhas mengisahkan.

Terakhir, menurut Zulhas, setiap individu perlu memperbanyak jaringan. Ia menekankan pentingnya memiliki rekan di setiap daerah, negara, atau wilayah di belahan dunia manapun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement