Sabtu 27 Jan 2018 20:20 WIB

Dinsos Kesulitan Dirikan Tenda Darurat di Lokasi Kebakaran

Pendirian tenda masih menunggu pemindahan mobil-mobil yang parkir di jalanan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Endro Yuwanto
Ilustrasi kebakaran
Foto: Antara/Jeremias Rahadat
Ilustrasi kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Kepala Bidang Perlindungan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta Tarmijo Damanik mendatangi lokasi kebakaran ratusan rumah di Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, Sabtu (27/1). Dinsos mendirikan tenda-tenda darurat bagi para korban kebakaran.

"Dari Dinsos DKI ada lima tenda, dari BPBD dua tenda, dari TNI satu tenda. Namun sampai sekarang baru satu tenda yang bisa didirikan mengingat lokasi untuk mendirikan tenda sulit," kata Tarmijo saat ditemui di lokasi kebakaran, Sabtu.

Untuk mendirikan tenda-tenda lainnya, Tarmijo mengatakan, masih menunggu digesernya atau dipindahnya mobil-mobil yang parkir di jalanan. Ini menjadi salah satu kesulitan bagi Dinsos DKI untuk mendirikan tenda.

Ada pula dapur umum dengan bantuan kampung siaga bencana (KSB), yang memang sengaja dibentuk. Di Provinsi DKI Jakarta ada 80 KSB. Secara kebetulan, salah satu KSB berada di daerah Krukut.

"Dan ini murni dari masyarakat yang membantu kami di sini, jadi dari dapur umum ada dari Dinsos dilaksanakan oleh Sudinsos yang berlokasi di kantor wali kota. Jadi makanan memang akan dimasak di sana, karena di sini tempatnya sempit. Ada juga dapur umum di kelurahan," jelas Tarmijo.

Saat ini, logistik yang sudah diberikan dari Dinsos DKI berupa beras, sarden, indomie, minyak, biskuit, dan lainnya. Lalu sandang berupa selimut, pakaian, daster, kaos, dan baju dalaman. Selain itu, ada terpal dan matras gulung.

"Kalau untuk seragam sekolah, Dinsos masih mendata dan belum mengetahui pasti berapa jumlahnya tapi Dinsos sudah siap. Apabila dibutuhkan dan data sudah siap, maka kami akan berikan seragam sekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA," kata Tarmijo.

Sementara untuk balita, lanjut Tarmijo, sudah ada permintaan popok dan susu balita. "Terkait dengan susu balita ini harus Depkes. Dinsos tidak ingin sampai salah beri susu, sebab harus hati-hati, jika sampai salah khawatir sebabkan sakit. Dan untuk popok akan diupayakan dari CSR."

Sebelumnya, ratusan rumah terbakar di wilayah Tamansari, Jakarta Barat, tepatnya di dekat Kali Krukut. Total ada 10 RT yang terdampak kebakaran tersebut, yakni RT 07, 08, 09, 10, 11, 12, 13, 14, 15, dan 16, di RW 03.

Setidaknya ada 38 unit pemadam kebakaran yang terjun langsung, dan sempat mengalami kesulitan lantaran permukiman padat hunian, jalan lingkungan sempit, dan digunakan sebagai parkir kendaraan. Belum lagi sumber air yang jauh.

Kebakaran yang terjadi di Jalan Keutamaan Dalam, Krukut, Tamansari, Jakarta Barat itu, menelan korban luka hingga 10 orang. PMI telah datang langsung ke lokasi kebakaran dan menangani para korban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement