Rabu 24 Jan 2018 10:00 WIB

Jokowi Kirimkan Bantuan untuk Masyarakat Rohingya

Bantuan ini berupa bahan makanan dan obat-obatan.

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Winda Destiana Putri
Pengungsi Rohingya
Foto: Muhammadiyah Aid
Pengungsi Rohingya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengirimkan bantuan kemanusian untuk masyarakat Rohingya yang ada di Cox's Bazar, Bangladesh. Bantuan ini berupa bahan makanan dan obat-obatan. Pesawat diberangkatkan memakain pesawat Hercules dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Pengiriman bantuan ini pun diresmikan langsung oleh Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Keduanya nampak berbincang bersama pasukan yang akan mengawal bala bantuan tersebut.

"Ini melanjutkan bantuan kita yang sudah beberapa kali diberangkatkan ke sana. Ini kan bukan hanya sekali saja kita kirimkan bantuan ke Cox's Bazar," ujar Jokowi sesaat sebelum berangkat ke India menggunakan pesawat kepresidenan, Rabu (24/1).

Jokowi menerangkan, pesawat akan langsung diberangkatkan hari ini dan tiba di Chittagong, kota terdekat dari Cox' Bazar yang bisa menampung pesaswat Hercules. Dari sana akan dibawa melalui jalur darat sekitar 4 jam di kamp-kamp pengungsian.

Dia menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tidak akan berhenti memberikan bantuan untuk masyarakat Rohinnya baik di Bangladesh maupun di Myanmar. Sebab dari berbagai pemberitaan dan informasi yang diterima masih banyak masyarakat Rohingya yang membutuhkan bantuan baik makanan, obat-obatan ataupun tenda untuk menetap. Jumlah pengungsi ini bukan hanya ribuan tapi mencapai ratusan ribu.

"Banyak yang membutuhkan uluran tangan dari negara-negara yang lain dan saya kira kita konsistensi kita memberikan bantuan ke pengungsi rohingya,kita jangan meragukannya," pungkas Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement