Selasa 23 Jan 2018 15:37 WIB

Diguncang Gempa, Warga Sukabumi Berhamburan Keluar Rumah

Gempa bumi berkekuatan 6,4 pada skala richter (SR) mengejutkan warga

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Bayu Hermawan
Peta gempa bumi 6,4 SR yang mengguncang Provinsi Banten, Selasa (23/1).
Foto: dok. BMKG
Peta gempa bumi 6,4 SR yang mengguncang Provinsi Banten, Selasa (23/1).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Gempa bumi berkekuatan 6,4 pada skala richter (SR) menyebabkan warga Sukabumi berhamburan keluar rumah Selasa (23/1) siang. Akibatnya warga berhamburan keuar rumah dan gedung perkantoran.

Informasi dari Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa dengan kekuatan 6, 4 SR tersebut terjadi pukul 13:34 WIB. Lokasi gempa berada di koordinat 7.21 LS,105.91 BT  yang berpusat di 81 kilomete Barat daya Lebak Banten dengan kedalaman 10 kilometer.

'' Warga berhamburan ke luar rumah karena getarannya besar,'' ujar salah seorang warga Jalan Koperasi Kecamatan Cikole Kota Sukabumi Sri Wahyuni (45 tahun).

Pasalnya, kata dia gempa tersebut juga berlangsung cukup lama. Gempa tersebut ujar Sri, menyebabkan ia bersama keluarganya sempat panik. Selama beberapa saat kata dia ia bersama warga lainnya tidak beranu masuk kembali ke dalam rumah. Warga lainnya  Abang Andries (32) mengatakan, gempa dirasakan cukup kencang.

''Warga panik dan berhamburan keluar rumah,'' katanya.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Zulkarnain Barhami menambahkan, hingga kini petugas masih memantau dampak gempa. ''Petugas masih mendata apakah ada dampak kerusakan,'' ucapnya.

Zulkarnain mengatakan, informasi awal ada kerusakan akibat gempa di Kecamata Lembursitu. Kini kata adia petugas tengah mengecek kebenaran informasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement