Senin 22 Jan 2018 13:14 WIB

Menlu akan Sampaikan Konsep Indo-Pasifik kepada Menhan AS

Indo-Pasific merupakan isu yang cukup strategis untuk dibahas dengan Menhan AS.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri Luar Negri - Retno Marsudi
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Menteri Luar Negri - Retno Marsudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi akan menyampaikan beberapa isu penting dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Menhan AS) James Mattis. Salah satunya terkait arsitektur regional Indo-Pasifik. Retno mengatakan, konsep Indo-Pasifik dari Indonesia bersifat inklusif.

"Kalau dari saya, ini adalah kesempatan kita untuk menyampaikan posisi Indonesia terhadap isu-isu penting. Misalnya mengenai region architecture yang terkait dengan Indo-Pasifik," ujar Retno di Kantor Kemenko Polhukam, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (22/1).

Retno menjelaskan, Amerika sudah menyampaikan konsep tersebut beberapa kali. Contohnya, hal itu dibahas di Australia, India, dan jepang. Dengan berkunjungnya Menhan AS ke Indonesia, Retno akan menggunakan kesempatan kunjungan Menhan AS ke Indonesia untuk menyampaikan konsep Indo-Pasifik dari Indonesia itu seperti apa.

"Tadi juga sudah saya sampaikan, konsep ini sudah saya bahas dengan Menlu AS. Minggu ini ada kunjungan dari Department of State yangantara lain akan melakukan pertemuan pada tingkat SOM (Senior Official Meeting)," kata Retno.

Menurut Retno, Indo-Pasific merupakan salah satu isu yang cukup strategis yang akan dibahas dalam pertemuannya dengan Menhan AS. Malam nanti, sekitar pukul 20.00 WIB, ia akan menyampaikan konsep Indo-Pasifik dari Indonesia kepada Mattis.

"Sehingga mereka paham dan kita ingin mengajak kerja sama semua pihak. Indo-Pasifik dariIndonesia, konsep yang sifatnya inklusif dan didasari pada spirit kerja sama. Kita siap kerja sama dengan negara manapun," ujar Retno.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan RI Wiranto berkoordinasi dengan Menlu RI Retno Marsudi, Menhan RI Ryamizard Ryacudu, dan perwakilan Panglima TNI terkait kedatangan Menhan AS James Mattis ke Indonesia.Mereka berkoordinasi terkait isu apa saja yang kemungkinan akan dibahas pada pertemuannya masing-masing.

Rencananya, Mattis akan berkunjung ke Indonesia hari ini hingga Rabu (24/1) mendatang. Selama kunjungannya itu, Mattis akan bertemu dengan Retno, Ryamizard, Wiranto, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement