Jumat 19 Jan 2018 06:00 WIB

Kemenkes Akui Capaian Imunisasi Sangat Rendah di Asmat

Imunisasi yang kerap menimbulkan demam bagi bayi kerap menjadi kendala.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Andi Nur Aminah
Kepolisian menyusuri korban-korban penyakit Campak di Kabupaten Asmat, Papua
Foto: dok. Divhumas Polri
Kepolisian menyusuri korban-korban penyakit Campak di Kabupaten Asmat, Papua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengakui, capaian imunisasi di Kabupaten Asmat masih sangat minim. Hal itu terjadi karena pemahaman masyarakat terkait pentingnya imunisasi dinilai masih sangat rendah. "Ada 16 Puskemas dengan total 177 tenaga kesehatan. Tetapi memang capaian immunisasi rendah," ungkap kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPSDM) Usman Sumantri kepada Republika.co.id, Kamis (18/1).

Dia mengatakan, dari informasi yang berhasil dihimpun, imunisasi yang kerap menimbulkan demam bagi bayi juga menjadi kendala enggannya masyarakat memberikan imunisasi. Selain itu, sulitnya akses transportasi menjadi kendala petugas kesehatan setempat untuk mendatangai satu persatu rumah warga untuk memberikan pendampingan. "Tinggalnya di pinggir hutan kadang petugas mengalami kesulitan," terang dia.

Dia juga menyebutkan, pola hidup dan keadaan lingkungan juga tidak dipungkiri menjadi salah satu penyebab satu penyakit menyerang tubuh manusia. Maka dari itu Kemenkes berencana untuk melakukan pendampingan secara khusus dan berkelanjutan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement