Rabu 17 Jan 2018 16:14 WIB

Gubernur Sumbar Siapkan Pengganti Pejawat yang Maju Pilkada

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Budi Raharjo
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Foto: dok. Istimewa
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG -- Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan tiga nama untuk masing-masing kabupaten/kota yang pimpinan tertingginya maju di Pilkada 2018 ini. Irwan mengatakan, nama-nama tersebut akan disetor kepada Kementerian Dalam Negeri untuk kemudian ditetapkan sebagai Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota, Bupati, atau wakil mereka yang kembali mencalonkan diri.

Tiga nama disiapkan untuk setiap daerah, yakni Kota Padang, Padang Panjang, dan Sawahlunto. Ketiga kota tersebut bakal ditinggal cuti oleh pimpinannya, Wali Kota dan wakilnya, untuk bertarung dalam Pilkada 2018. Sementara satu daerah lagi, yakni Kota Pariaman, tidak memerlukan pejabat Plt lantaran hanya Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar yang kembali mencalonkan diri.

Artinya, Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman masih bisa menjalankan tugasnya seorang diri. "Nanti Kemendagri yang putuskan, dan berlaku 12 Februari 2018 setelah penetapan calon oleh KPU. Nah, 15 Februari 2018, pejabat Plt bertugas," kata Irwan, Rabu (17/1).

Peta Pilkada 2018 di empat kota di Sumbar memang diwarnai oleh pejawat yang kembali maju. Di Kota Padang, Wali Kota saat ini yakni Mahyeldi kembali mencalonkan diri berpasangan dengan Hendri Septa. Keduanya diusung oleh PKS dan PAN.

Sementara Wakil Wali Kota Padang saat ini, Emzalmi, berpasangan dengan Desri Ayunda. Keduanya didukung oleh kolasi gendut berjuluk Koalisi Padang Bersatu. Terdapat tujuh partai yang mendukung Emzalmi-Desri yakni partai Golkar, NasDem, PDI-P, Gerindra, Demokrat, PKB, dan PPP.

Sementara di Padang Panjang, Wali Kota-nya saat ini yakni Hendri Arnis bakal bersanding dengan Eko Furqani. Wakil Wali Kota Padang Panjang, Mawardi, memilih maju kembali dan berpasangan dengan Taufiq Idris.

Di Kota Sawahlunto, pasangan Wali Kota dan wakilnya memilih tetap solid untuk maju kembali di Pilkada 2018. Ali Yusuf-Ismed, kembali bertarung dengan dukungan partai Golkar, PKS, dan PKPI.

Sedangkan di Kota Pariaman, Wakil Wali Kota saat ini yakni Genius Umar juga maju kembali di Pilkada 2018. Ia berpasangan dengan Mardison Mahyuddin. Keduanya didukung oleh PDIP, PBB, PPP, PAN dan Golkar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement