Rabu 17 Jan 2018 08:06 WIB

Hari Ini, Presiden akan Lantik Marsekal Yuyu Jadi KSAU

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bayu Hermawan
Joko Widodo
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Kepala Staf TNI AU (Waksau) Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna akan dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Pelantikan akan dilaksanakan pada hari Rabu (17/1) pagi ini, di Istana Negara.

"Iya betul demikian (Yuyu Sutisna jadi KSAU baru)," ungkap Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen M. Sabrar Fadhilah kepada Republika.co.id melalui sambungan telepon, Rabu (17/1).

Sabrar menerangkan, pelantikan Yuyu sebagai KSAU rencananya akan dilakukan pukul 09.00 WIB di Istana Negara. Namun, untuk waktu pasti, ia meminta untuk mengecek langsung ke Humas Setneg.

"Waktu pasti ceknya ke Humas Setneg saja ya. Karena yang menyelenggarakan kan sana. Tapi rencana memang jam sembilan. Saya dengar begitu," tutur dia.

Yuyu dipilih menjadi KSAU setelah melalui proses uji kelayakan dan kepatutan di internal TNI. Ia telah melalui proses internal untuk memilih calon KSAU dengan disesuaikan pada tata kelola dan tata aturan kepantasan, kepangkatan, dan masa dinas sudah dilakukan.

Setelah kurang lebih satu bulan lamanya, akhirnya KSAU terpilih. Dalam kurun waktu tersebut, posisi KSAU dirangkap oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam beberapa kesempatan.

Contohnya ketika Hadi memberikan brevet terbang kehormatan dari TNI-AU kepada para kepala stafnya dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian di Halim, Rabu (20/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement