Rabu 17 Jan 2018 01:37 WIB

KPU Sumut Terima Berkas Tes Kesehatan Peserta Pilkada

Rep: Issha Haruma/ Red: Dwi Murdaningsih
Pilkada (ilustrasi)
Foto: IST
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Hasil pemeriksaan dari para bakal calon gubernur dan wakil gubernur serta kepala daerah lain yang ikut dalam Pilkada 2018 diserahkan ke KPU Sumut, Selasa (16/1). KetuaTim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada 2018, dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL mengatakan, berkas hasil tes kesehatan tersebut diserahkan langsung kepada Ketua KPU Sumut.

"Kami hanya menyerahkan hasil tes kesehatan para pasangan calon tersebut dan orang KPU yang menentukan," kata Ramlan di RSUP H Adam Malik Medan, Selasa (16/1).

Ramlan menjelaskan, ada tiga pihak yang terlibat dalam proses pemeriksaan di RSUP H Adam Malik Medan tersebut, yakni Ikatan Dokter Indonesia, Badan Narkotika Nasional dan Himpunan Psikologi Indonesia. Meski sempat kewalahan karena banyaknya peserta, namun, pemeriksaan diklaim berjalan lancar.

"Pemeriksaan pertama terhadap calon gubernur dan wakil pada 11-12 Januari dan kabupaten/kota 13-14 Januari. Ada 56 orang dan sempat crowded kesannya karena mereka baru datang dan mau duluan. Tapi, setelah kami atur, semua terkendali," ujar dia.

Sementara itu, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea menambahkan, setelah diterima, hasil pemeriksaan kesehatan ini akan diumumkan kepada para pasangan bakal calon. "Besok (Rabu-red) KPU akan menyerahkan hasilnya," kata Mulia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement