Senin 15 Jan 2018 23:44 WIB

BMKG: Sebagian Aceh Masuki Pancaroba

(Ilustrasi) Batang pohon yang tumbang akibat angin kencang, yang menjadi salah satu pertanda pancaroba atau peralihan musim.
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
(Ilustrasi) Batang pohon yang tumbang akibat angin kencang, yang menjadi salah satu pertanda pancaroba atau peralihan musim.

REPUBLIKA.CO.ID, KUTACANE — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, sebagian daerah di Aceh telah memasuki pancaroba atau masa peralihan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau di pertengahan Januari 2018. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blangbintang, Kabupaten Aceh Besar, Zakaria melalui telepon seluler dari Kutacane, Senin (15/1), mengatakan, secara umum cuaca di provinsi paling barat Indonesia tersebut masih dilanda hujan.

"Tetapi, hujan yang terjadi ini menandakan bahwa Aceh akan masuki musim pancaroba. Malah di sebagian Aceh kini sudah memasuki musim pancaroba," jelasnya.

Ia mengatakan, cuaca akan sering berubah seperti antara pagi dan siang, siang dan sore, hingga sore dan malam hari dengan hujan intensitas ringan dan sedang disertai petir bakal mengguyur provinsi ini. BMKG mengimbau, masyarakat di Aceh untuk mengantisipasi kondisi cuaca pada masa transisi ini dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

"Tetap menjaga kesehatan keluarga, dan lingkungan. Meski menghimbaui berkurang, dan semakin berkurang curah hujan di Aceh," kata Zakaria.

Selain itu, dia mengatakan, BMKG tetap mengimbau kepada masyarakat terutama di daerah Barat dan Selatan di Aceh untuk menghindari membuka lahan dengan cara membakar. Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Aceh mencatat, sekitar 222 hektare lebih di Kabupaten Aceh Barat, Aceh, terutama di lahan bergambut selama periode Juli 2017.

“Kami imbau agar tetap memperhatikan lingkungan sekitar, terutama dengan bahaya api di tempat tinggal warga dan lahan yang kosong," terang dia.

Data prakirawan peringatan dini cuaca di Aceh yang terus diperbarui pada Senin, (15/1) pukul 15.20 WIB menyatakan, provinsi ini berpotensi dilanda hujan. Hujan diperkirakan turun dengan intensitas sedang hingga lebat, dapat disertai petir dan angin kencang pukul 15.50 WIB di wilayah Aceh Jaya, dan Aceh Barat.

Kondisi hujan tersebut dapat meluas ke wilayah Singkil, Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Barat Daya, Aceh Besar dan sekitarnya yang diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 19.20 WIB.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement