Rabu 10 Jan 2018 11:20 WIB

Belasan Rumah di Gunungkidul Tertimpa Pohon Tumbang

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
Kondisi satu rumah yang tertimpa pohon tumbang di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY.
Foto: Wahyu Suryana/REPUBLIKA
Kondisi satu rumah yang tertimpa pohon tumbang di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Hujan intensitas sedang yang berlangsung cukup lama di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terjadi pula di Kabupaten Gunungkidul. Hujan yang disertai angin kencang itupun mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, sepanjang Selasa (9/1) kemarin, setidaknya ada 29 pohon tumbang di Kabupaten Gunungkidul. Sebagian besar pohon tumbang terjadi di Kecamatan Playen.

Tidak kurang 27 titik pohon tumbang terjadi di Kecamatan Playen, dan mengakibatkan cukup banyak rumah tertimpa. Selain itu, kejadian pohon tumbang terjadi di Kecamatan Wonosari sebanyak dua titik.

"Berdampak pada sembilan titik jalan dengan akses jalan terganggu, 16 hunian terdampak," kata Manajer Pusdalops DIY, Danang Samsu Rizal, Rabu (10/1).

Ada pula enam kandang ternak dan atap bangunan Gedung Taman Kanak-Kanak (TK) 1 Maret di Kecamatan Playen yang rusak. Pohon tumbang turut mengakibatkan kerusakan kepada SD Negeri Ngunut dan Balai Desa Ngunut.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY dampak hujan dan angin kencang yang terjadi sepanjang, Selasa, menyebabkan pohon tumbang. Selain itu genangan-genangan air tampak terjadi di sejumlah titik.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri telah mengeluarkan setidaknya sejak pukul 12.53 WIB. Setelah itu, terdapat dua kali peringatan dini cuaca DIY yaitu pada 14.49 WIB dan 16.58 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement