Selasa 09 Jan 2018 09:42 WIB

Malang Tambah Satu Mobil Perpustakaan Keliling

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gita Amanda
Perpustakaan keliling (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Perpustakaan keliling (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menambah satu mobil perpustakaan keliling lagi untuk masyarakat setempat. Mobil hibah dari Badan Perpustakaan dan Arsip Republik Indonesia ini telah diserahkan secara simbolis pada, Selasa (9/1).

 

Sekertaris Daerah Kota Malang, Wasto, mengatakan jika mobil perpustakaan keliling ini akan membantu masyarakat untuk mudah mengakses membaca buku tanpa harus datang ke Kantor Dinas Perpustakaan. "Pemkot Malang memang menginisiasi mobil keliling perpustakaan bagi masyarakat yang tidak sempat ke kantor perpustakaan tapi ingin membaca buku," kata Wasto melalui keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Selasa.

 

Menurut Wasto, keberadaan mobil perpustakaan keliling sejalan dengan Malang yang terkenal sebagai Kota Pendidikan. Terlebih lagi upaya agar masyarakat meningkat daya literasi terus digencarkan oleh pemerintah saat ini. Oleh sebab itu, mobil perpustakaan keliling menjadi hal tepat dalam rangka menerapkan upaya tersebut.

 

Dengan tambahan satu unit, saat ini Pemkot Malang sudah memiliki sebanyak tiga mobil perpustakaan keliling. Pemanfaatannya akan dimaksimalkan dengan merangsek ke beberapa titik di lima kecamatan se-Kota Malang. Kemudian juga menyasar sekolah-sekolah sehingga mobil operasional ini cukup memiliki peran yang penting.

 

Saat ini mobil perpustakaan keliling tersebut sudah diterima Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang. Mobil perpustakaan keliling itu berisi sebanyak 800 buku, beserta komputer dan laptop sebagai penunjang di dalamnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement