Sabtu 06 Jan 2018 14:55 WIB

Pengamat: Sebaiknya Azwar Anas Segera Klarifikasi

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Bilal Ramadhan
Azwar Anas
Foto: Republika/Yasin Habibi
Azwar Anas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Komunikasi Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto menilai rumor yang beredar tentang Abdullah Azwar Anas menjelang Pilgub Jatim 2018 memang sebaiknya diklarifikasi oleh Anas sendiri.

"Menyangkut bad news atau berita buruk yang berkaitan dengan Azwar Anas, rumor atau gosip dan macam-macam yang berhamburan di ragam kanal, itu sebaiknya diklarifikasi dengan clear dan komprehensif oleh Azwar Anas," kata dia kepada Republika.co.id, Sabtu (6/1).

Sebab, menurut Gun Gun, persoalan itu berkaitan dengan rekam jejak yang akan memengaruhi citra Anas sebagai bakal calon wakil gubernur pendamping Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Masalah yang kemudian timbul, yaitu terkait apakah memang ada pembunuhan karakter dari pihak lain, atau apakah rumor tersebut benar.

"Tentu yang tahu dan yang harus menjelaskan adalah Azwar Anas, tetapi memang belum secara intes diklarifikasi ke media," ungkap dia. Jika rumor berupa foto syur yang diduga Azwar Anas itu benar adanya, maka potensi merusak elektabilitas paslon Gus Ipul-Azwar Anas akan sangat tinggi.

"Dan kalau tidak benar, dan manajemen isunya buruk, itu akan menjadi makanan rumor, hoaks, gosip yang sangat empuk, karena selain isu SARA, isu moralitas itu memang gampang digoreng kan," jelas dia.

Sebelumnya Azwar Anas diterpa masalah berupa tersebarnya dua foto syur yang diduga merupakan dirinya. Hingga kini Anas belum memberikan penjelasan terkait foto tersebut. Namun Gus Ipul mendapat informasi bahwa Anas sudah menjelaskan soal foto dan berbagai isu yang berkembang terkait dirinya kepada PDIP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement