Rabu 03 Jan 2018 04:00 WIB
Jelang Seperempat Abad Republika

Situs Berita Online Pertama di Indonesia

Rep: Republika/ Red: EH Ismail
ROL
ROL

REPUBLIKA.CO.ID, Bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan ke-50 Republik Indonesia, 17 Agustus 1995, Republika Online (www.republika.co.id) diresmikan oleh dewan redaksi Republika.

Hari peresmian Republika Online sekaligus menandai Republika sebagai koran pertama di republik ini yang bisa diakses melalui internet. Dengan demikian, tidak terlalu salah apabila menyebut Republika Online sebagai situs berita online pertama di Indonesia.

Republika Online pun berkembang di bawah para kru redaksi dan SDM dari divisi lain yang juga mengelola penerbitan koran setiap harinya. Dengan gebrakan yang dibuat Republika kala itu, Republika Online memicu bermunculannya sejumlah situs berita online di saat dunia internet masih belum ramai seperti sekarang.

Keberadaan Republika Online juga ikut mengantarkan diresmikannya Indonesia Media Network (IMN) oleh Presiden Soeharto. IMN yang diresmikan pada 7 Desember 1995 tersebut merupakan jaringan informasi melalui internet yang dikelola Republika dan Center for Information and Development Studies (CIDES).

Delapan bulan kemudian atau tepatnya 3 Agustus 1996, Republika juga menggalang terbentuknya jaringan atau kerja sama bidang redaksi, produksi, pemasangan iklan, dan SDM dengan koran-koran di daerah, antara lain Surabaya Post, Suara Merdeka, Pikiran Rakyat, Kedaulatan Rakyat, dan Waspada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement