Selasa 02 Jan 2018 14:31 WIB

Pengamat Nilai Opick Bisa Masuk Bursa Pilgub Jatim

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani
 Penyanyi religi Opick membawakan lagu saat konser amal kemanusiaan Rahmaniyah untuk Palestina di Depok, Jawa Barat, Kamis (15/12).
Foto: Republika/ Wihdan
Penyanyi religi Opick membawakan lagu saat konser amal kemanusiaan Rahmaniyah untuk Palestina di Depok, Jawa Barat, Kamis (15/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Forum Kajian Politik Islam, Ahmad Lutfi Fathullah menyebutkan bahwa nama penyanyi religi, Opick, layak diperhitungkan sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur. Menurut Ahmad, Opick sangat layak mendampingi Kang Yoto karena memiliki popularitas dan dekat dengan ulama. "Pasangan Kang Yoto - Opick memiliki nilai jual" ujarnya, Selasa (2/1).

Adapun, pemerhati politik dan Direktur Mahara Leadership, Iwel Sastra, menilai peta politik Jawa Timur akan berlangsung seru jika Partai Gerindra, PKS, dan PAN berkoalisi. Iwel menyebutkan Bupati Bojonegoro Suyoto yang akrab dipanggil Kang Yoto bisa berpasangan dengan tokoh Jawa Timur, La Nyalla Mattalitti.

Menurut Iwel, pasangan ini bisa menjadi kuda hitam karena keduanya memiliki leadership yang baik, populer di Jawa Timur dan punya keinginan untuk maju. Iwel menambahkan, karakter Kang Yoto yang tenang dianggap cocok jika dipasangkan dengan karakter La Nyalla.

Meskipun waktu pendaftaran calon semakin dekat, Iwel menyebutkan koalisi Gerindra, PKS, PAN di pilgub Jawa Timur masih sangat memungkinkan terwujud karena ketiga partai ini sudah memiliki instrumen komunikasi politik di antara mereka.

Untuk diketahui PKS dan PDIP telah mendukung Syaifullah Yusuf - Azwar Anas. Sedangkan, Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak didukung oleh Partai Golkar, Nasdem, PPP, dan Hanura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement